Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten Desain Unik Ponsel Xiaomi, Punya Dua Kamera Selfie di "Dagu"

Kompas.com - 02/04/2019, 15:08 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apabila takik yang menjorok ke bagian dalam layar ponsel di sisi atas disebut sebagai "poni", maka rancangan kamera depan ponsel Xiaomi ini mungkin layak disebut sebagai "dagu".

Dua kamera selfie ponsel Xiaomi dalam sebuah paten yang dipublikasikan LetsGoDigital itu terletak di sebuah takik, tapi letaknya di bagian bawah layar, alih-alih di atas sebagaimana lazimnya penerapan notch di ponsel.

Baca juga: Ponsel Xiaomi Masa Depan Punya 4 Sisi Melengkung

Dokumen beserta rancangan desain kamera selfie ganda di ponsel Xiaomi ini telah dirilis oleh kantor paten Dunia (WIPO) 29 Maret lalu.


Paten Xiaomi dengan desain poni di bagian bawahLetsGoDigital Paten Xiaomi dengan desain poni di bagian bawah

Selain kamera selfie di "dagu", Xiaomi juga mematenkan rancangan ponsel lain yang menempatkan dua kamera selfie di pojok kiri dan kanan bawah layar. Entah apa julukan yang cocok untuk penempatan model demikian. 

Jika desain kamera swafoto seperti dalam dua rancangan ponselini diwujudkan oleh Xiaomi di masa depan, maka pengguna sepertinya harus melakukan usaha yang lebih untuk memegang dan menaikkan perangkat mereka agak ke atas jika ingin berswafoto.

Di luar letak kamera depan yang berbeda, kedua ponsel dalam paten ini sama-sama mengusung konfigurasi dual-camera di bagian punggung yang disusun secara vertikal di sisi kiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Selasa (2/4/2019).

Ilustrasi paten Xiaomi dengan kamera selfie di ujung bawahLetsGoDigital Ilustrasi paten Xiaomi dengan kamera selfie di ujung bawah

.

 

Tentu, karena masih sebatas berupa paten, belum bisa dipastikan apakah Xiaomi bakal benar-benar membuat ponsel dengan desain seperti di atas. 

Belum bisa dipastikan pula apakah kedua ponsel ini merupakan anggota seri Redmi, seri flagship Mi, atau seri Pocophone, kalaupun nanti benar terwujud. 

Baca juga: Xiaomi Bakal Bikin Ponsel dengan 2 Lubang di Layar

Terkait penerapan kamera swafoto, beberapa waktu lalu, Xiaomi juga sempat mematenkan desain yang berbeda untuk penempatan kamera selfie ganda.

Pada paten tersebut, Xiaomi menggunakan desain kamera selfie ganda dengan mekanisme layar berlubang, atau punch-hole, yang diposisikan di sisi kiri dan kanan pada bagian atas ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com