Paten Desain Unik Ponsel Xiaomi, Punya Dua Kamera Selfie di "Dagu"

Kompas.com - 02/04/2019, 15:08 WIB
Ilustrasi desan ponsel Xiaomi dengan poni di bawah LetsGoDigitalIlustrasi desan ponsel Xiaomi dengan poni di bawah
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apabila takik yang menjorok ke bagian dalam layar ponsel di sisi atas disebut sebagai "poni", maka rancangan kamera depan ponsel Xiaomi ini mungkin layak disebut sebagai "dagu".

Dua kamera  selfie ponsel Xiaomi dalam sebuah paten yang dipublikasikan LetsGoDigital itu terletak di sebuah takik, tapi letaknya di bagian bawah layar, alih-alih di atas sebagaimana lazimnya penerapan notch di ponsel.

Baca juga: Ponsel Xiaomi Masa Depan Punya 4 Sisi Melengkung

Dokumen beserta rancangan desain kamera selfie ganda di ponsel Xiaomi ini telah dirilis oleh kantor paten Dunia (WIPO) 29 Maret lalu.


Paten Xiaomi dengan desain poni di bagian bawahLetsGoDigital Paten Xiaomi dengan desain poni di bagian bawah

Selain kamera selfie di "dagu", Xiaomi juga mematenkan rancangan ponsel lain yang menempatkan dua kamera selfie di pojok kiri dan kanan bawah layar. Entah apa julukan yang cocok untuk penempatan model demikian. 

Jika desain kamera swafoto seperti dalam dua rancangan ponselini diwujudkan oleh Xiaomi di masa depan, maka pengguna sepertinya harus melakukan usaha yang lebih untuk memegang dan menaikkan perangkat mereka agak ke atas jika ingin berswafoto.

Di luar letak kamera depan yang berbeda, kedua ponsel dalam paten ini sama-sama mengusung konfigurasi dual-camera di bagian punggung yang disusun secara vertikal di sisi kiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Selasa (2/4/2019).

Ilustrasi paten Xiaomi dengan kamera selfie di ujung bawahLetsGoDigital Ilustrasi paten Xiaomi dengan kamera selfie di ujung bawah

.

 

Tentu, karena masih sebatas berupa paten, belum bisa dipastikan apakah Xiaomi bakal benar-benar membuat ponsel dengan desain seperti di atas. 

Belum bisa dipastikan pula apakah kedua ponsel ini merupakan anggota seri Redmi, seri flagship Mi, atau seri Pocophone, kalaupun nanti benar terwujud. 

Baca juga: Xiaomi Bakal Bikin Ponsel dengan 2 Lubang di Layar

Terkait penerapan kamera swafoto, beberapa waktu lalu, Xiaomi juga sempat mematenkan desain yang berbeda untuk penempatan kamera selfie ganda.

Pada paten tersebut, Xiaomi menggunakan desain kamera selfie ganda dengan mekanisme layar berlubang, atau punch-hole, yang diposisikan di sisi kiri dan kanan pada bagian atas ponsel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X