Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Xiaomi Janji Kurangi Iklan di Ponselnya

Kompas.com - 04/04/2019, 13:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi apabila Xiaomi kerap menempelkan iklan di antarmuka MIUI dan aplikasi bawaanya. Xiaomi pun mengakui hal itu.

Iklan sengaja ditanamkankan ke dalam sebuah sistem bernama "MIUI System Ads" (MSA). Mi Fans pun mulai banyak yang mengeluhkan kehadiran iklan karena dirasa mengganggu, saking banyaknya muncul di aplikasi bahkan di halaman pengaturan.

Menanggapi keluhan ini, CEO Xiaomi, Lei Jun berjanji akan mengurangi munculnya iklan di MIUI. Lei Jun dikabarkan sedang berdiskusi dengan tim MIUI untuk meningkatkan user experience, termasuk dengan mengurangi iklan yang mengganggu dan tidak pantas.

Baca juga: Xiaomi Mengaku Sengaja Tampilkan Iklan di Menu "Setting"

Ia pun memamerkan beberapa fitur yang akan hadir di pembaruan MIUI melalui jejaring sosial Weibo. Beberapa di antaranya adalah recycle bin lokal ketika pengguna menghapus foto, mode daya ultra-low, dan kaca pembesar.

Akan tetapi, Mi Fans sebaiknya tak berharap banyak. Sebab, iklan tak akan sepenuhnya lenyap. Hal itu lantaran munculnya iklan di MIUI adalah salah satu pemasukan utama Xiaomi.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (4/4/2019), berdasarkan laporan keuangan Xiaomi tahun 2018, layanan internet service termasuk iklan di dalamnya, mencapai total 16 miliar yuan (Rp 33,8 triliun).

Sebanyak 10,1 miliar yuan (Rp 21,3 triliun) dari revenue tersebut berasal dari pendapatan iklan. Pembuktian janji Lei Jun bisa dinantikan dalam pembaruan MIUI 11 mendatang.

Baca juga: Cara Matikan Iklan di Ponsel Xiaomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com