WhatsApp Business untuk iOS Resmi Hadir di Indonesia

Kompas.com - 05/04/2019, 14:02 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp Business telah dirilis untuk platform Android pada 2018 lalu. Kini WhatsApp secara resmi merilis fitur chat berbayarnya itu untuk platform iOS.

"Hari ini, kamu meluncurkan aplikasi WhatsApp Business untuk pengguna iOS dan bisa diunduh dari App Store," sebut pihak WhatsApp dalam keterangan resmi di blog resminya.

Sejatinya, fungsi aplikasi WhatsApp Business sama seperti WhatsApp standar, bisa dipakai untuk chatting seperti biasa. Namun WhatsApp Business dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang bisnis. Apa saja fitur tersebut?

Sama seperti versi Android, WhatsApp Business di iOS dilengkapi fitur yang mempermudah bisnis besar atau UMKM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Baca juga: Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

Pertama, ada fitur yang menghadirkan halaman "Business Profile". Dengan mengisi halaman ini, pemilik bisnis bisa mencantumkan informasi terkait bisnis usaha yang mereka miliki.

Informasi tersebut mencakup deskripsi jenis bisnis atau usaha, e-mail bisnis, alamat toko, hingga informasi website atau situs bisnis.

Kedua, pemilik bisnis bisa menyetel balasan cepat (quick reply) untuk mengelola dan membalas percakapan dengan pelanggan secara efisien.

Pengguna juga bisa mengatur "greeting messages" untuk menyambut pelanggan baru, serta mengatur "away messages" untuk membalas secara otomatis jika toko sedang tutup. Sehingga, pelanggan tahu kapan harus menghubungi sang pemilik bisnis tersebut.

Ketiga, WA Busniness juga mendukung fitur WhatsApp Web. Dengan begitu, pemilik bisnis juga bisa mengelola percakapan dengan pelanggan, serta profil akun bisnis mereka melalui PC.

WhatsApp Business sendiri sudah bisa diunduh pengguna iOS di Indonesia lewat Apple App Store di tautan berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog WhatsApp, Jumat (5/4/2019).

Baca juga: Cara Membatasi WhatsApp supaya Kita Tak Tiba-tiba Dimasukkan ke Grup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.