Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Business untuk iOS Resmi Hadir di Indonesia

Kompas.com - 05/04/2019, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp Business telah dirilis untuk platform Android pada 2018 lalu. Kini WhatsApp secara resmi merilis fitur chat berbayarnya itu untuk platform iOS.

"Hari ini, kamu meluncurkan aplikasi WhatsApp Business untuk pengguna iOS dan bisa diunduh dari App Store," sebut pihak WhatsApp dalam keterangan resmi di blog resminya.

Sejatinya, fungsi aplikasi WhatsApp Business sama seperti WhatsApp standar, bisa dipakai untuk chatting seperti biasa. Namun WhatsApp Business dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang bisnis. Apa saja fitur tersebut?

Sama seperti versi Android, WhatsApp Business di iOS dilengkapi fitur yang mempermudah bisnis besar atau UMKM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Baca juga: Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

Pertama, ada fitur yang menghadirkan halaman "Business Profile". Dengan mengisi halaman ini, pemilik bisnis bisa mencantumkan informasi terkait bisnis usaha yang mereka miliki.

Informasi tersebut mencakup deskripsi jenis bisnis atau usaha, e-mail bisnis, alamat toko, hingga informasi website atau situs bisnis.

Kedua, pemilik bisnis bisa menyetel balasan cepat (quick reply) untuk mengelola dan membalas percakapan dengan pelanggan secara efisien.

Pengguna juga bisa mengatur "greeting messages" untuk menyambut pelanggan baru, serta mengatur "away messages" untuk membalas secara otomatis jika toko sedang tutup. Sehingga, pelanggan tahu kapan harus menghubungi sang pemilik bisnis tersebut.

Ketiga, WA Busniness juga mendukung fitur WhatsApp Web. Dengan begitu, pemilik bisnis juga bisa mengelola percakapan dengan pelanggan, serta profil akun bisnis mereka melalui PC.

WhatsApp Business sendiri sudah bisa diunduh pengguna iOS di Indonesia lewat Apple App Store di tautan berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog WhatsApp, Jumat (5/4/2019).

Baca juga: Cara Membatasi WhatsApp supaya Kita Tak Tiba-tiba Dimasukkan ke Grup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com