XL Axiata Anggarkan Rp 7,5 Triliun Bangun BTS di Luar Jawa

Kompas.com - 05/04/2019, 18:04 WIB
Logo XL Axiata. XL AxiataLogo XL Axiata.

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata memiliki anggaran belanja sebesar Rp 7,5 Triliun untuk tahun 2019. Angka ini meningkat dari anggaran tahun sebelumnya yakni sekitar Rp 6,8 triliun.

Menurut Direktur Keuangan XL Axiata, Moh Adlan bin Ahmad Tajuddin, anggaran Capex (Capital Index) tersebut memang sengaja ditingkatkan untuk membangun infrastruktur jaringan di Indonesia. Sebelumnya, ia pun mengatakan bahwa tahun ini, XL akan fokus untuk membangun jaringan data di luar Pulau Jawa.

"Kami lakukan akselerasi. Bukan cuma pembangunan BTS, kami juga akan fiberisasi jaringan kabel optik," kata Adlan.

Ia mengatakan, investasi XL untuk pembangunan jaringan pada 2018 lalu telah naik menjadi sekitar 80 persen. Tren inilah yang akan dilanjutkan selama 2019.

Baca juga: 9 Wilayah Luar Jawa Kedatangan Sinyal 4G XL

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya juga mengatakan senada. Dari sisi teknis, XL akan menyasar Indonesia bagian timur untuk dilakukan pembangunan BTS di wilayah terpencil.

Hal ini dilakukan karena selama ini, kualitas cakupan jaringan XL di Indonesia bagian timur memang belum seluas di Pulau Jawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebelum 2019, wilayah timur itu hampir tidak ada. Tapi sekarang di NTT dan NTB sudah mulai bagus. Di 2019 ini kami akan konsisten bangun jaringan di luar Pulau Jawa," kata Yessie.

Sementara di wilayah barat, XL telah membangun jaringan di wilayah Anambas dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring paket barat. Untuk memperluas jaringan di wilayah Timur, XL pun berencana menggunakan jaringan Palapa Ring paket timur.

Dengan rencana perluasan jaringan ini, XL diharapkan dapat menjangkau sekitar 95 persen populasi di Indonesia dari ujung barat ke wilayah timur Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.