Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Smartphone Xiaomi Ini Tak Lagi Dapat Update Selamanya

Kompas.com - 06/04/2019, 10:16 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal China, Xiaomi, mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan pembaruan software untuk sejumlah ponsel Xiaomi lawas.

Pengumuman itu disampaikan oleh seorang admin komunitas Mi melalui forum Mi Community China dan India beberapa saat lalu.

Pada forum tersebut, pihaknya mengatakan bakal menghentikan distribusi developer ROM atau firmware untuk para pengembang kepada perangkat Xiaomi, lebih tepatnya seri Redmi, yang meluncur sebelum tahun 2016.

Ini artinya, ponsel Xiaomi seperti seri Redmi Note 3 atau Redmi 3S sudah bisa dipastikan tidak akan dapat pembaruan ROM developer atau ROM beta versi Global untuk versi MIUI terbaru, sebut saja MIUI 11.

Baca juga: CEO Xiaomi Janji Kurangi Iklan di Ponselnya

Dengan keputusan ini pula, pihak Xiaomi menyarankan pemilik smartphone seri Redmi keluaran tahun 2016 ke bawah agar memperbarui ROM mereka ke versi stable, bukan versi developer.

Hal itu bertujuan untuk menghindari bug dan gangguan performa berlebih di ponsel Redmi lawas lantaran ROM developer biasanya sarat akan bug dan memang belum teruji stabil.

Kendati begitu, meski pembaruan firmware bakal dihentikan, tak menutup kemungkinan sederet ponsel Redmi ini bakal mendapatkan pembaruan keamanan dari Xiaomi di kemudian hari.

Untuk selengkapnya, berikut deretan seri smartphone Xiaomi seri Redmi yang tak bakal dapat dukungan pembaruan perangkat lunak lagi di masa depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (6/4/2019).

- Xiaomi Redmi Note 4
- Xiaomi Redmi 3S
- Xiaomi Redmi 3X
- Xiaomi Redmi 4
- Xiaomi Redmi 4A
- Xiaomi Redmi Note 3
- Xiaomi Redmi Pro

Pada saat yang sama, terkait firmware atau ROM, Xiaomi juga dikabarkan tengah mengembangkan ROM MIUI 11 yang digadang-gadang bakal mendatangkan sejumlah fitur terbaru.

Baca juga: Ini Fitur Baru yang Akan Hadir di Update Xiaomi MIUI 11

Beberapa di antaranya adalah desain antarmuka baru, desain ikon baru, mode low-power, hingga pengaturan sistem ads di antarmuka MIUI agar iklan di antarmuka besutan Xiaomi itu muncul lebih "bersahabat".

Sayangnya, sederet ponsel seri Redmi di atas tidak bakal bisa mencicipi fitur-fitur tersebut di antarmuka teranyar dari Xiaomi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com