Antisipasi Lonjakan Internet saat Lebaran, XL Bangun 10.000 BTS

Kompas.com - 06/04/2019, 17:08 WIB
BTS 4G XL di BandungXL BTS 4G XL di Bandung

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata memprediksi akan adanya lonjakan trafik data pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Khusus untuk Idul Fitri atau Lebaran, XL memperkirakan lonjakan trafik yang terjadi akan meningkat 30 persen dari hari biasa.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, XL mengklaim bakal membangun 10.000 BTS baru di sepanjang jalur mudik dan tempat-tempat wisata.

Menurut Head of Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah, pada 2019 ini ada 9.300 TB data yang dihabiskan seluruh pengguna XL setiap harinya. Dengan prediksi lonjakan 30 persen, maka diperkirakan ada 12.090 TB data yang dihabiskan pada saat momen Idul Fitri 2019.

Angka tersebut tentu melonjak jauh dari tahun 2018 lalu di mana para pengguna XL menghabiskan tak lebih dari 7.000 TB dalam satu hari. Peningkatan ini terjadi karena bergesernya perilaku konsumen yang mulai beralih pada penggunaan data daripada voice maupun SMS.

Baca juga: XL Axiata Anggarkan Rp 7,5 Triliun Bangun BTS di Luar Jawa

Melihat statistik tersebut, XL mengklaim telah melakukan antisipasi dalam menyambut momen Lebaran 2019. Ahmad mengatakan bahwa setidaknya ada sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik serta tempat wisata yang ramai dikunjungi saat lebaran.

"Ada tiga momen besar, yakni saat arus mudik, saat hari lebaran dan saat arus balik. Kami sudah memetakan di mana saja lokasi untuk menambah BTS, mobile BTS dan beberapa perbaikan," kata Ahmad.

"Sekitar 10.000 BTS baru juga dipersiapkan agar meski trafik data naik, kondisi jaringan tetap stabil," lanjutnya.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa XL melakukan peningkatan kapasitas pada radio akses di 1.700 BTS, 250 jalur, dan sistem utama core paket data. Upstream jaringan pun ditambah menjadi sekitar 1,5 kali melalui exchange ke Singapura dan Australia.

Baca juga: XL Pelan-pelan Matikan Sinyal 2G

"Diharapkan jaringan tetap terjaga apalagi pola servis selama mudik akan banyak menggunakan data seperti peta digital, streaming, dan game," katanya.

Area Pulau Jawa menjadi salah satu jalur yang mendapat perhatian. XL mengklaim telah mencakup 100 persen jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta - Surabaya dengan jaringan 4G LTE.

Sementara jalur non-tol Pantai Utara, diperkirakan sekitar 95 persen area sudah tercakup jaringan 4G.

Untuk wilayah di luar Jawa tepatnya Sumatera, XL mengklaim telah mencakup 94 persen area dengan jaringan 4G. Kemudian wilayah Kalimantan dengan cakupan 4G mencapai 66 persen.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X