Snapchat Siapkan Game, AR, hingga Konten Baru untuk Saingi Instagram

Kompas.com - 09/04/2019, 15:36 WIB
SnapchatSnapchat Snapchat

KOMPAS.com - Dibanding Instagram, Snapchat memang terbilang kurang populer. Tak mau terus tertinggal dengan pesaing yang juga kerap menyontek fiturnya itu, Snapchat mulai berbenah. 

Setidaknya ada dua strategi yang disiapkan. Pertama adalah pembaruan aplikasi khusus di platform Android.

Snapchat memang bukan aplikasi favorit di Android, lantaran Snapchat sering menyimpan banyak bug yang menyebabkan aplikasi berjalan lelet dan perfromanya tak memuaskan pengguna.

Baca juga: CEO Snapchat Sebut Instagram Membuat Sedih, Benarkah?

Kini, Snapchat telah memperbarui aplikasinya di Android, menawarkan performa yang lebih cepat dan maksimal. Meskipun antarmuka tak terlalu berubah banyak, namun penguna Android kini tidak akan lagi merasa tertinggal dengan pengguna iOS.

Permainan Snap Games

Kedua, Snapchat juga merilis beberapa aplikasi built-in baru. Deretan aplikasi baru ini adalah augmented reality (AR) baru untuk fitur lenses, konten orisinil Snapchat, game multiplayer, dan fitur untuk mengintegrasikan Snapchat Stories dengan aplikasi lain seperti Tinder.

Untuk gaming, ada aplikasi Snap Games yang menawarkan enam permainan yang didukung fitur percakapan suara secara langsung. Dengan demikian, pengguna bisa bermain game sambil bercakap secara grup.

Sementara dengan AR baru di Snapchat ada beberapa fitur yang ditawarkan. Misalnya,  penggguna akan bisa memecahkan soal matematika dengan mengarahkan kamera Snap ke soal.

Integrasi dan konten original

AR Snapchat juga terintegrasi dengan toko online Amazon.com untuk mempermudah pengguna berbelanja. Mereka cukup mengambil gambar atau memindai barcode untuk melihat spesifikasi barang sebelum membelinya.

Integrasi juga dilakukan dengan aplikasi pemindai musik Shazam untuk mengidentifikasi lagu.
Selain itu, Snapchat juga menyediakan developer kit, Snapkit bagi para pengembang untuk mengintegrasikan Snapchat ke aplikasi mereka.

Baca juga: Begini Cara Posting Stories dan Foto Instagram dari Komputer

Salah satu yang telah dieksekusi adalah integrasi dengan Tinder. Dengan implementasi Snapkit, pengguna bisa mengunggah Snapchat Stories mereka ke profil Tinder. Hal yang sama juga dilakukan Netflix.

Platform hiburan ini menggunakan Snapkit sebagai sarana pengguna Snapchat untuk memamerkan apa yang sedang mereka tonton di Netflix ke Snapchat Stories. Fitur tersebut sejatinya juga tersedia di Instagram Stories.

Snapchat juga menyiapkan 10 konten orisinil baru yang akan hadir di layanan streaming konten Snap Original. Sebelumnya, Snapchat juga telah merilis beberapa konten berjenis serial di Snap Original, salah satunya berjudul Endless Summer.

Snapchat sesumbar, serial tersebut cukup laris dengan 28 juta penonton unique viewer, sebagaimana KompasTekno himpun dari The Next Web, Selasa (9/4/2019). Ada pula serial lain yakni The Dead Girls Detective yang juga diklaim cukup banyak ditonton.

Snapchat kini diketahui memiliki pengguna aktif harian sebanyak 186 juta, masih jauh di bawah Instagram Stories yang awal tahun ini sudah mengumpulkan 500 juta pengguna aktif harian.

Baca juga: Pengguna Harian Instagram Stories Tembus 500 Juta

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X