Batal Beli Game di PlayStation Store, Uang Bisa Dikembalikan

Kompas.com - 09/04/2019, 19:57 WIB
PlayStation 4 ShutterstockPlayStation 4
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sony baru-baru ini mengubah kebijakan terkait pembelian game melalui PlayStation Store. Kini Sony menyediakan fasilitas untuk re-fund alias pengembalian uang jika pengguna ingin membatalkan pembelian game yang dilakukan secara pre-order.

Kebijakan tersebut telah mulai berlaku sejak 1 April lalu. Melalui kebijakan ini, Sony ingin memperbarui cara dan penanganan pembelian game di PlayStation Store agar lebih nyaman bagi para pengguna.

Kendati demikian, pengguna hanya bisa melakukan refund jika game tersebut belum diunduh ataupun dimainkan secara streaming. Artinya, jika pengguna sudah pernah memainkan game tersebut, maka uang yang telah dibayarkan tidak akan dapat dikembalikan.

Baca juga: PlayStation 5 Bakal Bisa Mainkan Game PlayStation 1 Hingga 4?

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (9/4/2019), kebijakan yang dibuat ini sejatinya cukup menguntungkan pengguna. Jadi, jika ada pengguna yang melakukan kesalahan pembelian, ia bisa melakukan refund terhadap pre-order tersebut.

"Game lengkap, konten yang dapat diunduh, tema, avatar, dll. masuk dalam kategori ini," tulis Sony dalam halaman resminya.

Batas waktu maksimal yang diberlakukan Sony untuk kebijakan refund ini adalah 14 hari (2 minggu) setelah game dibeli.

Nantinya, uang yang dikembalikan akan langsung masuk ke dalam akun PlayStation Store milik pengguna dan bisa dipergunakan untuk membeli game lain maupun ditarik tunai.

"Jika Anda telah mengunduh atau streaming konten yang telah dibeli, Anda tidak dapat meminta pengembalian uang," lanjut Sony.

Baca juga: Sony Luncurkan PlayStation Classic, Harga Rp 1 Jutaan

Selainpembelian game secara pre-order, Sony juga memberlakukan kebijakan refund untuk pembelian item lain yang dilakukan secara berlangganan. Seperti misalnya PlayStation Now, PlayStation Plus, dan Spotify Music di PlayStation.

Namun, kebijakan terkait pengembalian uang pada layanan yang sifatnya berlangganan ini sedikit berbeda. Sony akan menghitung seberapa lama layanan tersebut telah digunakan dan kemudian akan mengembalikan sisa uang milik pelanggan.

Misalnya, pelanggan membeli keanggotaan PlayStation Plus selama 12 bulan dan meminta pengembalian dana setelah berlangganan selama satu minggu.

Nantinya, PlayStation Store akan menghitung seberapa besar biaya yang akan dipotong, kemudian sisanya akan dikembalikan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X