Google Bangun Server "Cloud" di Indonesia 2020

Kompas.com - 10/04/2019, 11:20 WIB
Ilustrasi data center ShutterstockIlustrasi data center

KOMPAS.com - Rencana Google untuk membuka server komputasi awan (cloud) di Indonesia akhirnya akan terwujud. Dalam konferensi Google Cloud Next 2019 yang berlangsung di San Francisco, Rabu (10/4/2019), Google mengumumkan akan membuka Google Cloud Region di Indonesia.

Google Cloud Region akan mengambil lokasi di Jakarta. Server ini rencananya akan mulai tersedia pada semester pertama tahun 2020 mendatang.

Dengan adanya Cloud Region di Jakarta, perusahaan berbasis digital mengambil manfaat dari data dan workload mereka berupa latensi yang rendah dan kinerja yang tinggi dalam penggunaan data berbasis cloud.

"Kami telah melihat momentum bisnis dan pelanggan yang signifikan di Indonesia dalam 6-12 bulan terakhir," ujar Tim Synan, Kepala Google Cloud untuk wilayah Asia Tenggara dalam keterangan resmi yang diperoleh KompasTekno, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: AWS Buka Data Center Baru di Indonesia 2021

"Kami yakin bahwa cloud region baru di Jakarta akan membuka lebih banyak peluang untuk berbagai perusahaan dan startup," imbuhnya.

Synan juga mengatakan bahwa Indonesia adalah pusat kekuatan digital dan salah satu pasar Google Cloud dengan pertumbuhan paling cepat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google mengklaim bahwa beberapa perusahaan di Indonesia telah menjalankan workload di Google Cloud. Di antaranya adalah Gojek, Tokopedia, Tiket.com, dan Traveloka. Ada pula beberapa pelanggan dari kalangan perusahaan seperti Bluebird, CT Corp, Cineplex 21, dan Samudera.

Hingga saat ini, Google Cloud mengoperasikan 58 zona di 19 wilayah di seluruh dunia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X