Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Online Anak-anak "Roblox" Tembus 90 Juta Pengguna Bulanan

Kompas.com - 10/04/2019, 13:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game online anak-anak Roblox semakin digemari di Android dan iOS. Kini, pengguna aktif bulanan (MAU) Roblox tercatat 90 juta pengguna, naik dari September 2018 lalu yang sebesar 70 juta pengguna.

Banyaknya jumlah pengguna juga diikuti peningkatan valuasi. Valuasi Roblox saat ini mencapai 2,5 miliar dollar AS (Rp 35,3 triliun).

Ekspansi Roblox ke internasional menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah pengguna. Salah satunya adalah ketersediaan bahasa Jerman dan Perancis dalam game tersebut.

Bagi yang belum akrab dengan Roblox, game ini adalah game online gratis yang memungkinkan penggunanya mendesain permainan mereka sendiri, dan memainkan kreasi dari pemain lain. Visual avatarnya mirip dengan permainan Lego.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Fenomena PUBG

Roblox populer di kalangan gamer di bawah usia 18 tahun. Popularitas game ini juga semakin meningkat karena promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, anak-anak juga banyak yang melihat game ini di YouTube sebelum menjajalnya.

Roblox dibangun oleh komunitas, sehingga Roblox Corporation sebagai pengembang, menerapkan sistem bagi hasil. Pada tahun 2017, Roblox membayar komunitas kreator sebesar 30 juta dollar AS. Jumlah itu kabarnya berlipat ganda pada tahun 2018.

Baik para kreator dan pemain saat ini menghabiskan miliaran jam per bulan di platform tersebut. Kesuksesan Roblox bukan tanpa tantangan. Tahun lalu, Roblox sempat disisipi peretas yang menyerang avatar anak-anak.

Dalam internal perusahaan, Roblox juga sempat mengalami krisis. Mengingat game ini dimainkan anak-anak, tim Roblox pun segera membenahi peretasan tersebut dan meminta maaf ke para orangtua.

Mereka juga meluncurkan "digital civility initiative" untuk membuat platform online yang lebih aman. Beberapa bulan kemudian Roblok kembali laris dimainkan.

Ekspansi internasional merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan pendanaan. CEO Roblox, David Baszucki mengatakan, peningkatan pendanaan membuka peluang untuk akukisisi dan memiliki neraca yang kuat saat tumbuh secara internasional.

Selain bahasa Inggis, Jerman, dan Perancis, Roblox juga tersedia dalam bahasa Portugis dan Spanyol. Tim Roblox berencana menambah daftar bahasa lebih banyak lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Bila ingin menjajal game Roblox, bisa diunduh di Google Play melalui tautan berikut ini, dan melalui App Store di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com