Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Opera Terbaru Punya Dompet Digital dan Dukung Web 3.0

Kompas.com - 10/04/2019, 16:39 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Blog Opera

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Opera memperbarui peramban website besutannya ke versi 60. Pembaruan yang memiliki nama lain Reborn 3 ini, memiliki sejumlah fitur baru dan peningkatan dari seri sebelumnya.

Salah satu fitur yang menarik adalah dukungan penelusuran Web 3.0. Dengan ini, peramban Opera bisa mengakses situs serta aplikasi web model terbaru, seperti aplikasi dan situs berbasis blockchain.

Sebagai informasi, blockchain sendiri sejatinya merupakan teknologi guna melacak volume transaksi digital berupa basis data global online yang bisa diakses oleh siapapun melalui internet.

Baca juga: Browser Opera Sediakan VPN Gratis untuk Pengguna Android

Nah, untuk mengaksesnya, ada teknologi ini guna membagi basis data tersebut ke beberapa blok yang terkoneksi melalui sebuah jaringan bak rantai di dunia maya.

Opera versi terbaru ini diklaim bisa mengakses situs dan aplikasi yang dibuat dengan teknologi blockchain ini.

Dompet digital

Sebagai tambahan dan penunjang dari dukungan Web 3.0, Opera juga menyematkan fitur dompet digital (crypto wallet) ke dalam peramban versi terbarunya.

Dompet digital ini bisa digunakan untuk bertransaksi di aplikasi serta situs berbasis blockchain tadi.

Kemudian, untuk verifikasi pembayaran, Opera menggunakan sistem keamanan fingerprint atau otentikasi wajah yang bisa diakses dari aplikasi Opera Browser versi Android.

Seluruh akses token yang digunakan melalui fitur dompet digital di peramban Opera versi desktop akan tetap tersimpan aman di smartphone.

Meski begitu, tidak dijelaskan apakah peramban Opera mobile versi iOS bisa mendukung fitur ini atau tidak.

Desain baru

Selain dukungan Web 3.0, pada Reborn 3, Opera juga turun memoles desain perambannya. Salah satunya dengan tampilan jendela borderless design dan dua pilihan mode tampilan gelap dan terang.

Baca juga: Cara Memblokir Notifikasi "Cookies" di Browser Opera Android

Ada pula berbagai tools untuk menunjang penelusuran di ranah maya, seperti unlimited VPN, fitur pemblokir iklan (ad-blocker), serta tombol snapshot praktis yang bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar (screenshot).

Fitur screenshot ini bisa diakses dengan menekan ikon "kamera" di sebelah kotak alamat URL, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Opera, Rabu (10/4/2019).

Fitur-fitur di atas sudah tersedia pada peramban Opera versi desktop di sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Blog Opera
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com