Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kamera Selfie "Pop-up" Oppo Reno Berbentuk Segitiga

Kompas.com - 10/04/2019, 19:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo baru saja meluncurkan duo ponsel Oppo Reno dan Oppo Reno 10x Zoom Edition dalam sebuah acara yang digelar di China.

Kedua ponsel dibekali dengan kamera selfie pop-up 16 megapiksel. Hanya satu sisi (kanan) modul kamera yang menyembul dari sisi atas perangkat ketika kamera diaktifkan. Modul pop-up ini pun tampak unik karena menjadi berbentuk segitiga saat tampil.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan bentuk segitiga itu bukan tanpa alasan.

Baca juga: Oppo Reno Resmi Meluncur dengan Kamera "Zoom Periskop" 10x

"Jadi kami sudah survei, di titik mana kamera itu akan naik, dan menurut kami, titik itu merupakan titik yang terbaik untuk selfie," ujar Aryo. "Titik ini merupakan 'Golden Angle'," imbuhnya.

Aryo mungkin mengacu pada salah satu teknik komposisi dalam fotografi. Namun, nama teknik ini lebih sering disebut sebagai Golden Mean, Golden Spiral, atau Fibonacci Spiral yang membagi bidang frame menjadi dua, dengan rasio 1,618 berbanding 1.

Teknik komposisi "emas" tersebut dikenal bisa menghasilkan keseimbangan optimal antara elemen-elemen foto atau lukisan sehingga sedap dipandang oleh mata manusia.

Baca juga: Ponsel Oppo Reno dan Reno 10X Zoom Edition Dipastikan Masuk Indonesia

"Jadi, ketika ingin mengambil foto, gambarnya tidak tampak cembung dan terlihat cekung, sisi-sisinya bagus. Kalau  kamera disematkan sejajar, belum tentu kita dapet golden angle-nya," klaim Aryo.

Terlepas dari penempatan atau bentuknya, kamera pop-up Oppo Reno diklaim memiliki daya tahan selama 5 tahun, dengan asumsi naik-turun sebanyak 100 kali dalam sehari.

Modul kamera berbentuk segitiga ini juga sudah dilindungi dengan kaca anti-gores Gorilla Glass 6, baik sisi depan maupun belakangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com