Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Perkenalkan Prosesor Laptop Ryzen Pro Generasi Kedua

Kompas.com - 10/04/2019, 20:11 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber AnandTech

KOMPAS.com - Tahun lalu, AMD memperkenalkan prosesor Ryzen Pro generasi pertama yang ditargetkan untuk laptop bisnis mainstream. Pada awal pekan ini, AMD telah memperbarui keluarga prosesor mobile andalannya itu dengan meluncurkan Ryzen Pro generasi ke-2.

Kehadiran Ryzen Pro generasi ke-2 ditandai oleh tiga model perdana yang terdiri dari Ryzen 7 Pro 3700U, Ryzen 5 Pro 3500U, dan Ryzen 3 Pro 3300U.

Dengan adanya embel-embel "U" di belakang nomor seri, maka sejumlah prosesor yang diluncurkan AMD ini diklaim hemat energi dengan arsitektur 12 nm dan Thermal Design Power (TDP) 15W.

Baca juga: AMD Radeon VII, Kartu Grafis "Gaming" Pertama dengan Arsitektur 7nm

Ketiga prosesor Ryzen Pro generasi kedua ini juga dibekali dengan pengolah grafis (GPU) terintegrasi seri Radeon Vega dengan konfigurasi berbeda antar prosesor.

Ryzen 7 Pro 3700U duduk di posisi teratas dengan dibekali CPU 4 core dan 8 thread. Base clock 2,3 GHz dengan kecepatan turbo hingga 4,0 GHz, berikut cache L2 + L3 sebesar 6 MB dan GPU Radeon Vega 10.

Di bawahnya ada Ryzen 5 Pro 3500U yang memiliki jumlah core/thread CPU dan cache yang sama dengan Ryzen 7 Pro 3700U. Hanya saja, kecepatan base clock dan turbo dipatok lebih rendah, masing-masing 2,1 GHz dan 3,7 GHz, dengan GPU Radeon Vega 8.

Lalu untuk model ketiga, yaitu Ryzen 3 Pro 3300U, dilengkapi 4 core dan 4 thread, dengan base clock 2,1 GHz serta turbo 3,5 GHz berikut combined cache sebesar 6 MB, serupa dengan dua seri sebelumnya, dan GPU Radeon Vega 6.

Baca juga: AMD Ryzen Generasi 2 Dirilis Dalam 4 Seri

Selain memperkenalkan Ryzen Pro generasi ke-2, pada kesempatan yang sama, AMD turut memperkenalkan prosesor AMD Athlon Pro 300U. Prosesor ini dibekali dengan CPU 2 core dan 4 thread.

Base clock Athlon Pro 300U dipatok di angka 2,4 GHz dengan kecepatan turbo hingga 3,3 GHz dan cache L2 + L3 sebesar 5 MB. Oleh grafis ditangani oleh GPU terintegrasi Radeon Vega 3.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Anandtech, Rabu (10/4/2019), keempat prosesor ini bakal tersedia pertama kali di laptop merek HP dan Lenovo dalam waktu dekat. Vendor lain diprediksi akan menyusul belakangan di tahun 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AnandTech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com