Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dioprek Anak, iPad pun Terkunci 48 Tahun

Kompas.com - 12/04/2019, 13:17 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Niat baik memperkenalkan teknologi kepada anak sejak usia dini ternyata malah berujung kejadian konyol. Seorang anak berusia 3 tahun tanpa sengaja mengunci iPad milik ayahnya hingga dalam jangka waktu yang lama. 

Kejadian ini terjadi di New York, Amerika Serikat. Evan Osnos mendapati iPad miliknya terkunci dan tak akan dapat digunakan dalam kurun waktu yang sangat lama, yakni lebih dari 48 tahun, setelah dioprek oleh anaknya. 

"iPad di-nonaktifkan. Coba lagi dalam 25.536.442 menit," bunyi pesan yang muncul di layar iPad milik Evan, dalam foto si perangkat malang yang diunggahnya lewat Twitter.

"Mungkin ini terkesan bohong, tapi beginilah tampilan iPad kami setelah berkali-kali coba di-unlock oleh anak 3 tahun. Ada ide (untuk membukanya)?" kicau Evan. 

Baca juga: iPad Mini 5 dan iPad Air (2019) Resmi Meluncur

Gadget Apple macam iPad memang memiliki fitur keamanan di mana, apabila berkali-kali salah memasukkan passcode, pengguna hanya bisa mencoba lagi setelah menunggu beberapa lama. Semakin sering salah, semakin lama pula waktu tunggu ini. 

Sang balita anak Evan rupanya gagal membuka kunci iPad dan mencobanya berulang kali hingga waktu tunggu terakumulasi mencapai puluhan tahun.  

Masalah Evan mendapat sorotan dari para netizen. Beberapa memberikan saran untuk melakukan reboot pada perangkat. Ada juga yang menanggapi keluhan Evan dengan nada bercanda

Cara membuka iPad dan iPhone yang terkunci

Dirangkum KompasTekno dari Toms Guide, Jumat (12/4/2019), sebenarnya ada cara mudah bagi pengguna yang mengalami kasus serupa dengan Evan. Perangkat iPad maupun iPhone yang terkunci bisa dibuka lewat iTunes.

Caranya mudah. Pertama, pengguna harus memiliki iTunes pada laptop, kemudian hubungkan iPad ke laptop melalui kabel data.

Baca juga: Perbandingan iPad Pro 2018 dan iPad Pro 2017, Perlukah Upgrade?

Setelah itu, restart perangkat agar masuk ke dalam recovery mode. Jika perangkat berhasil masuk ke dalam mode ini, maka akan muncul pilihan "restore" pada iTunes dan pilih opsi tersebut.

Secara otomatis, iTunes akan mengunduh software ke dalam perangkat yang terhubung. Tunggu sampai selesai dan perangkat akan kembali bisa digunakan.

Setelah itu, pengguna bisa melakukan back-up data yang tersimpan sebelumnya melalui iCloud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TomsGuide
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com