Dioprek Anak, iPad pun Terkunci 48 Tahun

Kompas.com - 12/04/2019, 13:17 WIB
iPad mini 3. Apple iPad mini 3.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Niat baik memperkenalkan teknologi kepada anak sejak usia dini ternyata malah berujung kejadian konyol. Seorang anak berusia 3 tahun tanpa sengaja mengunci iPad milik ayahnya hingga dalam jangka waktu yang lama. 

Kejadian ini terjadi di New York, Amerika Serikat. Evan Osnos mendapati iPad miliknya terkunci dan tak akan dapat digunakan dalam kurun waktu yang sangat lama, yakni lebih dari 48 tahun, setelah dioprek oleh anaknya. 

"iPad di-nonaktifkan. Coba lagi dalam 25.536.442 menit," bunyi pesan yang muncul di layar iPad milik Evan, dalam foto si perangkat malang yang diunggahnya lewat Twitter.

"Mungkin ini terkesan bohong, tapi beginilah tampilan iPad kami setelah berkali-kali coba di-unlock oleh anak 3 tahun. Ada ide (untuk membukanya)?" kicau Evan. 

Baca juga: iPad Mini 5 dan iPad Air (2019) Resmi Meluncur

Gadget Apple macam iPad memang memiliki fitur keamanan di mana, apabila berkali-kali salah memasukkan passcode, pengguna hanya bisa mencoba lagi setelah menunggu beberapa lama. Semakin sering salah, semakin lama pula waktu tunggu ini. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sang balita anak Evan rupanya gagal membuka kunci iPad dan mencobanya berulang kali hingga waktu tunggu terakumulasi mencapai puluhan tahun.  

Masalah Evan mendapat sorotan dari para netizen. Beberapa memberikan saran untuk melakukan reboot pada perangkat. Ada juga yang menanggapi keluhan Evan dengan nada bercanda

Cara membuka iPad dan iPhone yang terkunci

Dirangkum KompasTekno dari Toms Guide, Jumat (12/4/2019), sebenarnya ada cara mudah bagi pengguna yang mengalami kasus serupa dengan Evan. Perangkat iPad maupun iPhone yang terkunci bisa dibuka lewat iTunes.

Caranya mudah. Pertama, pengguna harus memiliki iTunes pada laptop, kemudian hubungkan iPad ke laptop melalui kabel data.

Baca juga: Perbandingan iPad Pro 2018 dan iPad Pro 2017, Perlukah Upgrade?

Setelah itu, restart perangkat agar masuk ke dalam recovery mode. Jika perangkat berhasil masuk ke dalam mode ini, maka akan muncul pilihan "restore" pada iTunes dan pilih opsi tersebut.

Secara otomatis, iTunes akan mengunduh software ke dalam perangkat yang terhubung. Tunggu sampai selesai dan perangkat akan kembali bisa digunakan.

Setelah itu, pengguna bisa melakukan back-up data yang tersimpan sebelumnya melalui iCloud.



Sumber TomsGuide

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.