Facebook, Instagram, dan WhatsApp "Down" Jadi Trending di Twitter

Kompas.com - 14/04/2019, 19:56 WIB
Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.AFP PHOTO/LOIC VENANCE Gambar yang diambil pada 20 November 2017 ini menunjukkan logo Facebook, layanan media sosial yang berbasis di Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook, WhatsApp dan Instagram dilaporkan tumbang (down) pada Minggu (14/4/2019) sore sekitar pukul 18.00 WIB. Error ketiga layanan milik Facebook Inc. ini kemudian menjadi perbincangan di jagat Twitter dan menjadi trending topic.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, tagar #WhatsAppDown, #FacebookDown dan #InstagramDown menjadi tiga teratas topik yang paling banyak diperbincangkan di dunia. Hingga pada pukul 19.30 WIB, ketiga tagar tersebut telah mendapat 32.000 kicauan.

Melalui Twitter, para pengguna melaporkan bahwa mereka tidak bisa mengakses dan menggunakan ketiga layanan tersebut. Pengguna tidak dapat mengakses ketiga layanan baik dari aplikasi ponsel maupun melalui browser.

Sejumlah pengguna kemudian menerka apa yang tengah terjadi pada ketiga layanan milik Facebook ini. Ada yang menebak bahwa tiga layanan ini tengah diserang peretas, ada pula yang mengejek dengan candaan.

Baca juga: Down 2 Jam, Layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram Berangsur Pulih

"Facebook, WhatsApp, Instagram down sekaligus. Apa mereka hanya pakai satu server yang sama? Jangan-jangan mereka diserang peretas," ungkap salah seorang pengguna.

"Para influencer sekarang sedang pusing #InstagramDown," tulis pengguna lainnya.

Menurut halaman Downdetector, ketiga layanan ini tumbang dalam waktu yang hampir bersamaan. Facebook mulai tidak dapat diakses sejak pukul 17.28, Instagram sejak pukul 17.33 dan WhatsApp sejak pukul 17.58.

Hingga saat ini, ketiga layanan tersebut masih belum bisa digunakan di sejumlah wilayah, termasuk Indonesia. Namun berdasarkan pantauan KompasTekno, ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa layanan tersebut telah berangsur pulih.

Facebook pun belum memberi keterangan terkait gangguan ini. Pada Maret lalu, Facebook mengalami kejadian serupa, dan mereka berdalih bahwa gangguan tersebut disebabkan perubahan konfigurasi server.

Baca juga: Cara Membatasi WhatsApp supaya Kita Tak Tiba-tiba Dimasukkan ke Grup




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X