Sudah Bisa Diunduh, Ini Bedanya Spotify Lite dengan Versi Standar

Kompas.com - 15/04/2019, 13:37 WIB
Ilustrasi pengguna SpotifyStockSnap Ilustrasi pengguna Spotify

KOMPAS.com - Spotify versi ringan alias Spotify Lite sudah dapat diunduh dan digunakan di Indonesia. Meski masih dalam versi Beta, pengguna ponsel Android sudah bisa mencobanya melalui Google Play Store.

Spotify Lite pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2018 lalu dan dirilis di beberapa wilayah dunia.

Aplikasi untuk mengakses layanan music-streaming Spotify ini diklaim lebih ramah untuk smartphone lawas karena hanya berukuran 15 MB atau sekitar 50 persen lebih kecil ketimbang aplikasi Spotify reguler.

Lantas, selain ukuran aplikasi yang lebih kecil, apa saja perbedaan Spotify Lite dengan Spotify versi standar?

Bisa atur penggunaan kuota data

Opso untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Spotify Lite.Spotify Opso untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Spotify Lite.
Ada satu keunggulan Spotify Lite yang tidak dapat ditemukan pada Spotify versi standar, yakni fitur untuk membatasi penggunaan kuota data internet perbulan.

Pada Spotify Lite, pengguna bisa mengatur batas maksimum kuota yang digunakan untuk streaming musik setiap bulan.

Spotify Lite menyediakan 6 pilihan batas maksimal yakni 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB dan 3 GB setiap bulan.

Baca juga: Langganan Spotify Kini Bisa Lewat Tokopedia

Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa mengalokasikan kuota yang dimiliki untuk digunakan mendengarkan musik secara streaming lewat Spotify Lite, tanpa khawatir menggunakan data terlalu besar.

Tak ada mode offline

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Spotify, Senin (15/4/2019) ada beberapa fitur yang absen dari Spotify Lite. Hal tersebut sebagai konsekuensi demi membuat ukuran aplikasi jadi lebih kecil dan ringan.

Misalnya, opsi "offline mode" yang memungkinkan pengguna mengunduh lagu ketika tersambung Wi-Fi, sehingga nantinya bisa mendengarkan lagu itu tanpa terkoneksi jaringan internet.

Fitur ini tidak hadir pada Spotify Lite sehingga pengguna mau tak mau harus menggunakan kuota data seluler jika menggunakan aplikasi versi ringan tersebut.

Kemudian "Spotify Connect" juga tak tersedia pada versi Lite. Fitur ini sejatinya berfungsi agar pengguna bisa menyambungkan akses playback dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Baca juga: Spotify Revisi Batas Usia Pengguna di Indonesia

Pengaturan kualitas audio, yakni "Low", "Medium", dan "High" pun tidak akan ditemukan pada Spotify Lite. Hanya ada audio berkualitas standar.

Fitur berikutnya yang absen pada Spotify Lite adalah Podcast. Pengguna tidak akan dapat menemukan konten-konten Podcast pada Spotify Lite sehingga aplikasi ini hanya dapat dipakai untuk mendengarkan musik saja.

Kendati demikian, bagi pengguna yang memiliki akun Spotify Premium, akun tersebut tetap dapat digunakan pada Spotify Lite. Hanya saja, fitur yang didapatkan tetap akan terbatas. Pada Spotify Lite, fungsi utama akun premium sebatas untuk menghilangkan jeda iklan saja.



Close Ads X