Toko Apple Kembali Dirampok, Kerugian Capai Rp 281 Juta

Kompas.com - 15/04/2019, 14:28 WIB
Ilustrasi Bagian Depan Apple Store Palo Alto, California, ASApple.com Ilustrasi Bagian Depan Apple Store Palo Alto, California, AS

KOMPAS.com - Dua perampok bertopeng mencuri sejumlah MacBook di Apple Store Palo Alto, California, Amerika Serikat. Peristiwa ini terjadi pekan lalu, tepatnya Rabu, (10/4/2019), dini hari.

Total kerugian yang ditimbulkan mencapai 20.000 dollar AS (sekitar Rp 281 jutaan), dari 7 unit MacBook yang digasak. Tidak disebutkan model MacBook mana yang digasak oleh perampok tersebut.

Meski begitu, pihak kepolisian di wilayah tersebut hingga kini belum bisa melacak identitas para perampok tersebut dan kemungkinan masih menginvestigasi kasus ini secara mendalam.

Kronologis kejadian

Berdasarkan rekaman CCTV, sebelum toko milik Apple ini digasak, sekitar pukul 01.50 pagi waktu setempat, ada dua perampok yang terlihat memecahkan kaca toko dengan bebatuan.

Kemudian, mereka, dengan setelan jaket hoodie dan topeng untuk menutupi mukanya, memasuki toko dan langsung mengincar laptop MacBook yang ada. 

Baca juga: Lagi, iPhone Terbakar di Toko Apple Timbulkan Kepanikan

Para pria bertopeng ini sempat menggasak 9 unit MacBook yang tersedia di dalam toko, namun 2 unit jatuh saat mereka melarikan diri sehingga total yang dicuri ada 7 unit MacBook, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CultOfMac, Senin (15/4/2019).

Sesaat setelah kejadian, tepatnya pukul 02.38 pagi, orang di sekitar toko tersebut langsung menghubungi polisi setempat.

Bukan kejadian pertama

Terlepas dari kejadian itu, toko milik Apple yang berbasis di Palo Alto, California, AS, ini agaknya kerap dijadikan target oleh para perampok.

Pada Desember 2016 lalu, misalnya, segerombolan orang diwartakan menabrak kaca depan toko ini dengan mobil SUV.

Setelah itu, sekitar 10 orang memasuki toko dan menggasak barang-barang yang ada di toko tersebut. Untungnya, polisi berhasil menangkap 9 orang yang merampok toko ini.

Kemudian pada September 2018, toko ini dilaporkan dirampok dua kali dalam 12 jam.

Pada saat itu, kejadian pertama bermula pada suatu Sabtu malam, di mana segerombolan orang diketahui merampok beberapa perangkat Apple dan langsung kabur menggunakan sejumlah kendaraan.

Selang beberapa jam setelah kejadian sebelumnya, tepatnya pada Minggu dini hari, kaca toko tersebut dipecahkan dan produk Apple yang ada di dalamnya juga turut digasak.




Close Ads X