Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Lite Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Kompas.com - 15/04/2019, 15:18 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Spotify pertama kali memperkenalkan aplikasi versi ringannya, Spotify Lite pada pertengahan 2018. Ketika itu, aplikasi ringan namun dengan kemampuan terbatas itu baru bisa diunduh di segelintir wilayah saja.

Belakangan, Spotify Lite sudah tersedia di toko aplikasi Android Google Play Store wilayah Indonesia, dan bisa diunduh oleh para pengguna di Tanah Air.

Spotify Lite di Play Store masih berstatus Beta, alias dalam masa uji coba dan terakhir diperbarui pada 3 April lalu. Namun, aplikasi tersebut telah berfungsi dan dapat dipakai.

“Kami secara rutin menggelar pengujian sebagai upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna," sebut Director of Communication Spotify APAC, Jim Butcher ketika dimintai komentar tentang Spotify Lite oleh KompasTekno, Senin (15/4/2019).

"Beberapa hasil uji coba itu diterapkan untuk pengguna secara meluas,” tambahnya.

Apa itu Spotify Lite?

Opso untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Spotify Lite.Spotify Opso untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Spotify Lite.
Laman support Spotify menyebutkan bahwa Spotify Lite merupakan aplikasi Spotify yang disederhanakan.

Tampilannya serupa dengan versi reguler, tapi Spotify Lite dioptimalkan untuk menghemat ruang penyimpanan, kuota data internet, dan baterai ponsel.

Dibandingkan aplikasi Spotify versi reguler, misalnya, ukuran aplikasi Spotify Lite 50 persen lebih kecil, yakni hanya 15 MB.

Satu fitur unik yang hanya ada di Spotify Lite adalah opsi untuk membatasi penggunaan data internet perbulan.

Dengan kata lain, pengguna bisa mengatur batas maksimum kuota yang digunakan untuk streaming musik.

Ada 6 pilihan batas maksimal penggunaan kuota data yang disediakan Spotify Lite, yakni 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB, dan 3 GB setiap bulan.

Baca juga: Sudah Bisa Diunduh, Ini Bedanya Spotify Lite dengan Versi Standar

Akun Premium juga bisa digunakan di Spotify Lite, namun fungsinya hanya sebatas menghilangkan iklan saja. Tak ada fitur offline yang mengunduh lagu untuk diputar tanpa koneksi internet.

"Saat ini tidak dimungkinkan untuk memakai fitur Premium lainnya seperti download lagu untuk didengarkan dalam mode offline atau pengaturan kualitas audio,” tulis Spotify dalam laman resminya.

Spotify Lite saat ini baru tersedia untuk pengguna Android di negara-negara tertentu, termasuk Indonesia. Belum ada tanda-tanda ia akan ikut hadir di platform iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com