Kenali Para Wakil Rakyat Pilihanmu Lewat 6 Aplikasi dan Situs Ini

Kompas.com - 16/04/2019, 09:21 WIB
Ilustrasi pemiluSERAMBI/M ANSHAR Ilustrasi pemilu

KOMPAS.com — Pemilu serentak 2019 akan berlangsung Rabu (17/4/2019) besok. Seluruh warga negara Indonesia akan memberikan suara bukan hanya dalam memilih presiden, melainkan juga para anggota legislatif dari DPD hingga DPR.

Pemilu 2019 akan diikuti 16 partai. Untuk calon anggota legislatif DPR terdapat 7.968 peserta. Sebelum menuju TPS (tempat pemungutan suara), menjadi suatu keharusan untuk meenggali informasi lebih banyak tentang para kandidat lebih dulu.

Untungnya, akses informasi saat ini terbuka lebar. Tak cuma lewat spanduk atau baliho yang kerap mengganggu pemandangan di jalanan, informasi tentang para kandidat kini juga bisa diakses langsung dari genggaman tangan melalui smartphone.

Baca juga: 3 Stiker Bertema Pemilu Meluncur di Instagram Stories

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) sebagai penyelenggara pemilu juga turun tangan untuk membuat sebuah aplikasi terpadu bernama KPU RI Pemilu 2019.

Di dalam aplikasi tersebut, pemilih bisa mengecek DPT, mengetahui siapa saja para kandidat, hingga mencari tahu berita hoaks yang merajalela jelang pemilu.

Selain aplikasi KPU, ada juga situs-situs lain yang memberikan informasi rekam jejak para calon wakil rakyat. Berikut KompasTekno rangkum enam aplikasi dan situs yang bisa menjadi rujukan pemilih untuk menentukan pilihan sebelum memberikan hak suara.

1. Aplikasi KPU

Tangkapan layar aplikasi KPU RI Pemilu 2019KPU/Google Play Store Tangkapan layar aplikasi KPU RI Pemilu 2019

Aplikasi dari Komisi Pemilihan Umum ini sudah bisa diunduh para pengguna Android di Play Store melalui tautan berikut.

Sayangnya, aplikasi resmi ini belum tersedia di platformiOS. Dari penelusuran KompasTekno per Senin (15/4/2019), banyak pengguna iOS yang melakukan pencarian aplikasi tersebut di App Store.

Aplikasi KPU RI Pemilu 2019 dirilis pada Agustus 2018 di Google Play Store dan hingga berita ini ditulis telah diunduh lebih dari 500.000 kali. Aplikasi ini merupakan aplikasi terpadu yang menyediakan beberapa fitur terkait pemilu.

Setidaknya ada enam fitur utama yang bisa diakses. Pertama adalah fitur "Cek Pemilih". Sesuai namanya, fitur ini membantu pemilih untuk mengecek daftar DPT.

Caranya mudah, cukup masukkan nomor identitas kependudukan (KTP) dan nama depan sesuai e-KTP, lalu klik "cek". Nanti akan muncul di mana DPT pemilih terdaftar. Jika tidak ada, disarankan untuk segera melapor ke KPU, H-30 sebelum pencoblosan.

Baca juga: Media Sosial Dilarang Iklan Kampanye Selama Masa Tenang Pemilu

Selain itu ada pula fitur "Cek Calon". Melalui fitur ini, pemilih bisa mencari tahu siapa kandidat presiden, caleg DPR, caleg DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X