Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 13 Bawa "Mode Gelap" untuk iPhone?

Kompas.com - 16/04/2019, 13:47 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Mode gelap alias "dark mode" belakangan banyak diadopsi dan mulai menjadi sebuah tren baru di kalangan para pengembang aplikasi. Pasalnya selain membuat pengguna lebih nyaman menatap layar, mode gelap juga diklaim menghemat pemakaian baterai.

Sebagian vendor Android sudah mulai menerapkan mode gelap di tampilan OS di ponsel masing-masing. Tak lama lagi, mungkin giliran Apple memberikan fitur serupa di iPhone dan iPad besutannya.

Kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa dark mode akan hadir di gadget Apple lewat pembaruan iOS 13. 

Baca juga: Apple WWDC Digelar 3-7 Juni, iOS 13 Dikenalkan?

Berdasarkan laporan MacRumours, seorang sumber dalam yang tak ingin disebutkan identitasnya membenarkan kabar tersebut. Menurut sang sumber, mode gelap yang dibawa pada iPhone dan iPad akan serupa dengan yang dimiliki MacOS.

"Akan ada mode gelap untuk seluruh sistem yang dapat diaktifkan pada menu pengaturan, termasuk versi kontras tinggi, mirip dengan apa yang sudah tersedia di MacOS," kata si sumber tersebut.

Belum diketahui dengan jelas seperti apa tampilan dan bagaimana mode gelap ini bakal bekerja pada iOS 13. Apple sendiri sampai saat ini masih enggan membeberkan rincian seperti apa wujud dan fitur iOS 13 nantinya.

Seperti dirangkum KompasTekno, Selasa (16/4/2019), selain mode gelap, iOS 13 juga akan membawa serangkaian pembaruan lain.

Sistem operasi ini kabarnya menambah fitur gestur tambahan yang dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel. Kemudian iOS 13 juga dirancang untuk memaksimalkan multitasking pada perangkat iPhone dan iPad.

Baca juga: MacOS Mojave Resmi Sudah Bisa Diunduh di App Store

Mode gelap pada iOS sejatinya sudah lama diwacanakan hadir. Bahkan pada 2017 lalu, fitur ini disebut-sebut akan hadir pada iOS 11 namun kemudian tidak terbukti kebenarannya.

Sayangnya menurut kabar sebelumnya, iOS 13 hanya akan dapat digunakan pada iPhone dan iPad keluaran baru. iPhone lawas seperti iPhone 5S, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus tidak akan kebagian sistem operasi ini.

iOS 13 pun tidak akan menyambangi iPad model lama seperti iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4, iPad Air dan iPad Air 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com