Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Telkomsel Diprediksi Naik 15 Persen Saat Pemilu 2019

Kompas.com - 16/04/2019, 15:28 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan berlangsung besok, Rabu (17/4/2019), Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di 1.400 titik, berlangsung selama masa tenang, pemilu, hingga pengumuman hasil pemungutan suara.

Titik-titik utama yang disasar terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, TPS, Bawaslu, Kantor Kepolisian dan Militer seluruh Indonesia. Telkomsel memprediksi adanya lonjakan traffik data pada Pemilu nanti dibanding hari biasa.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (16/4/2019), Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel memprediksi kenaikan trafik data akan mencapai 15,8 persen atau lebih dari 18.000 terabyte.

Kemungkinan, konsumsi data banyak digunakan pelanggan untuk mengakses media sosial dan aplikasi pesan instan. Berbanding terbalik dengan layanan data, layanan suara dan SMS diprediksi menurun saat pemilu.

Baca juga: Tata Ulang Frekuensi Selesai, Internet Telkomsel Dijanjikan Makin Maksimal

Untuk layanan suara, diprediksi menurun 7,4 persen atau sekitar 1,1 miliar menit. Hal yang sama juga akan berlaku untuk layanan SMS yang diperkirakan turun sekitar 4 persen atau sekitar 500 juta SMS dibanding hari biasa.

Selain Pemilu, Telkomsel juga mengatakan telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri yang akan berlangsung bulan Mei-Juni mendatang.

Namun belum ada detail lain terkait kesiapan jaringan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Optimasi jaringan juga dilakukan oleh operator XL Axiata. Pada hari pencoblosan, diperkirakan trafik data XL akan meningkat, terutama dari layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, pesan singkat instan seperti WhatApp, Telegram, dan Line.

Kenaikan trafik data XL diperkirakan bisa mencapai dua digit, yakni sekitar 5 - 10 persen. Sementara itu kenaikan trafik voice dan SMS diprediksi sekitar 3 persen.

Baca juga: XL Prediksi Trafik Internet Naik Dua Digit di Hari Pencoblosan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com