Google Bikin Doodle Khusus Pemilu 2019 di Indonesia

Kompas.com - 17/04/2019, 06:57 WIB
Ilustrasi Google Doodle versi Pemilu 2019Google.com Ilustrasi Google Doodle versi Pemilu 2019

 

KOMPAS.com - Ada hal menarik yang akan menyambut pengguna internet di Tanah Air ketika membuka situs utama Google hari ini, Rabu (17/4/2019).

Di sana terdapat sebuah doodle bertema Pemilu Serentak 2019 yang khusus dibuat oleh Google untuk merayakan pesta demokrasi di Indonesia.

Gambar doodle menampilkan enam orang yang seakan mewakili keberagaman di Indonesia. Mereka tengah berbaris sembari menggenggam lima lembar surat suara dengan warna berbeda, siap untuk dimasukkan ke dalam kotak suara.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, doodle bertema Pemilu 2019 di Indonesia tersebut muncul dini hari pada tanggal pencoblosan. Sang doodle muncul khusus untuk wilayah Indonesia saja, menurut keterangan di situs Google.

Baca juga: 3 Stiker Bertema Pemilu Meluncur di Instagram Stories

Ketika doodle di-klik, Google akan menampilkan laman pencarian dengan informasi seputar Pemilu 2019 di Indonesia. Namun, isinya bisa berbeda tergantung setelan bahasa.

Apabila disetel dalam bahasa Inggris, laman Google hasil search standar dengan kata kunci "Indonesia elections 2019".

Sementara jika pengguna menyetel situs Google agar berbahasa Indonesia, mereka akan disuguhi laman hasil pencarian dengan kata kunci "cara memilih #Indonesia".

Isinya -dalam bahasa Indonesia- adalah serangkaian informasi tentang cara memberikan suara pada saat pengguna berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui sebelum berangkat ke TPS.

"Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07:00 - 13:00 waktu setempat," tulis Google dalam laman itu.

Terkait doodle, raksasa internet ini sudah beberapa kali membuat doodle dengan tema menyangkut Indonesia, termasuk untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus secara rutin tiap tahun sejak 2009.

Baca juga: Sambut Pilpres, Google Pun "Merah Putih"

Berhubungan dengan Pemilu, pada momen Pemilu tahun 2014 lalu, Google juga sempat membuat doodle yang bertema pesta demokrasi.

Kala itu, rangkaian huruf "Google" diwarnai dengan nuansa merah putih dengan huruf "g" di tengahnya sebagai simbol kotak suara.

Daftar doodle selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X