Huawei Bantah Bantu Apple Bikin iPhone 5G

Kompas.com - 18/04/2019, 16:22 WIB
Booth Huawei di MWC 2019.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Booth Huawei di MWC 2019.

KOMPAS.com - Huawei semula diberitakan akan memasok chipset modem 5G untuk iPhone 2020. Namun perusahaan teknologi China itu kini menepis kabar tersebut. Modem 5G Balong 5000 buatan Huawei tidak akan dijual ke perusahaan lain.

Demikian disampaikan Chairman Huawei, Ken Hu dalam sebuah pertemuan. Menurut Ken, Huawei sama sekali belum melakukan pembicaraan dalam bentuk apa pun dengan Apple terkait hal tersebut.

"Kami (Huawei) belum melakukan diskusi apa pun dengan Apple terkait hal ini," kata Ken singkat.

Pernyataan ini bertolak belakang dengan apa yang dikatakan CEO sekaligus pendiri Huawei, Ren Zhengfei sebelumnya.

Dalam sebuah wawancara, Ren mengatakan bahwa Huawei akan mempertimbangkan untuk menjual chip 5G-nya, Balong 5000 kepada vendor smartphone lain, termasuk Apple yang notabene adalah pesaingnya.

Baca juga: Huawei Bersedia Jual Modem 5G ke Apple

"Kami terbuka untuk Apple dalam hal ini," kata Ren.

Dikutip KompasTekno dari Reuters, Kamis (18/4/2019), saat ini, Huawei memang dapat dikatakan sebagai salah satu perusahaan teknologi yang tengah "naik daun". Pasalnya Huawei menjadi salah satu perusahaan yang fokus dan bergerak cepat dalam pengembangan jaringan 5G.

Bahkan hingga akhir Maret lalu, Huawei dikabarkan telah menandatangani sebanyak 40 kontrak untuk membangun infrastruktur 5G di beberapa daerah di dunia.

Sebagai salah satu pionir di teknologi 5G, Huawei juga memiliki lini bisnis smartphone yang kini tengah melesat. Selain itu, Huawei juga gencar membenamkan modem 5G pada lini ponsel yang dimilikinya.

Sementara itu, kondisi yang bertolak belakang tengah dialami Apple. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu belum memiliki smartphone yang memiliki koneksi 5G.

iPhone terbaru dengan dukungan 5G ditargetkan akan meluncur pada 2020 mendatang. Untuk membuat ponsel 5G pertamanya, Apple saat ini mengandalkan Intel sebagai pemasok utama modem 5G.

Baca juga: Huawei Siapkan Chip Kirin 990 dengan Dukungan 5G untuk 2019?

Namun beberapa waktu lalu, tersiar kabar bahwa Intel telah kehilangan tenggat waktu untuk pengembangan modem XMM 8160 5G, yang rencananya akan dibenamkan pada iPhone.

Artinya, Intel diprediksi tidak dapat memenuhi jumlah permintaan modem 5G Apple tepat pada waktunya, saat iPhone 5G diluncurkan pada 2020 mendatang. Dengan demikian, peluncuran iPhone 5G terancam terlambat.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X