Bos Pabrik iPhone "Nyapres" Setelah Dapat Wangsit dari "Dewi Laut"

Kompas.com - 19/04/2019, 11:02 WIB
Terry Gou, pendiri sekaligus chariman Foxconn STRTerry Gou, pendiri sekaligus chariman Foxconn

KOMPAS.com - Setelah mengumumkan rencana pengunduran dirinya sebagai pimpinan Foxconn, Terry Gou mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon presiden Taiwan pada 2020.

Gou, pria 68 tahun yang mendirikan pabrikan iPhone itu, disokong oleh partai Kuomintang (KMT), partai oposisi yang lebih pro-China daratan.

"Saya akan maju untuk berpartisipasi dalam pemilihan utama," kata Gou saat mengumumkan pencalonannya di markas partai KMT di Taipei.

Baca juga: Pendiri Sekaligus Bos Foxconn Mundur Setelah 45 Tahun Memimpin

"Jika saya belum terpilih, artinya saya belum bekerja keras," kata pria terkaya di Taiwan ini.

Forbes mencatat kekayaan Gour mencapai 7,6 miliar dollar AS (Rp 106 triliun). Gou mengklaim keputusannya ini diilhami oleh Dewi Laut Buddha, yakni Mazu.

Dewi Mazu dipercayai membawa keselamatan dan kekayaan. Sang Dewi Laut diakui Gou muncul dalam mimpinya untuk memberikan wangsit beberapa minggu lalu.

"Hari ini, Mazu mengatakan, bahwa saya harus terinspirasi olehnya untuk melakukan hal-hal baik demi orang-orang yang menderita, memberikan para anak muda harapan, untuk mendukung perdamaian lintas selat (selat Taiwan)," ujarnya.

Gou juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu cara membawa kedamaian dan stabilitas nasional saat ini. Terlebih saat para pemuda setempat kesulitan mencari lapangan kerja.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (19/4/2019), tingkat pengangguran di Taiwan tahun lalu mencapai 12 persen, dengan rata-rata usia pengangguran 20-24 tahun.

Pencalonan Gou menuai beberapa kritikan. Khususnya menyoroti kondisi para pekerja Foxconn yang dianggap buruk. Belum lagi rencana soal pabrik Foxconn di Wisconsin, AS yang berubah-ubah.

Baca juga: iPhone Mulai Dibuat di India Tahun Ini

Gou diprediksi akan cenderung mengampanyekan hubungan bisnis dengan China daratan dan AS untuk melawan pesaingnya yang cenderung memainkan politik tradisional.

Keputusan Gou maju sebagai capres menjadi berkah bagi Foxconn. Pada Kamis kemarin, nilai saham Foxconn yang terdaftar di Hong Kong dan Shanghai melesat.

Saham FIH Mobile Ltd -anak usaha Foxconn- di Hong Kong naik 19,2 persen. Dalam minggu ini, saham FIH Mobile naik lebih dari 80 persen.

Dalam pekan yang sama dengan pengumanan pengunduran diri dan niatnya menjadi presiden Taiwan, Gou turut mengungkapkan bahwa Foxconn akan mulai membuat iPhone di India pada 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X