Samsung Siapkan Chip 5nm Hemat Daya untuk Smartphone

Kompas.com - 20/04/2019, 11:11 WIB
Ilustrasi pabrik chip Samsung SamsungIlustrasi pabrik chip Samsung
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Seperti beberapa pabrikan semikonduktor lain, Samsung baru saja mulai memproduksi chip ponsel dengan proses fabrikasi 7nm.

Namun, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu sudah berancang-ancang membuat chip generasi berikutnya.

Samsung pekan ini mengumumkan telah mulai melakukan sampling chip 5nm untuk smartphone dan gadget lain. Produksinya diperkirakan bakal dimulai pada kuartal kedua tahun 2020.

Dibandingkan generasi sebelumnya, chip 5nm disebut bisa lebih efisien daya sebesar 20 persen, di samping memiliki kinerja lebih tinggi sekitar 10 persen,

Dengan proses manufaktur yang lebih kecil, maka jumlah transistor yang bisa diletakkan di chip pun bakal bertambah banyak.

Karena hanya berukuran 5nm (nanometer), hingga 2.000 transistor bisa dimampatkan dalam area yang hanya berukuran selebar satu helai rambut manusia.

Sebagai perbandingan satu atom silikon hanya berukuran 1nm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Sabtu (20/4/2019).

Baca juga: Imbas Perang Dagang, Pabrikan Chip Eksodus dari China

Dalam proses manufaktur chip 5nm, Samsung bakal mengandalkan teknologi Extreme Ultraviolet (EUV) yang sebelumnya sudah teruji melalui produksi chip 7nm.

Samsung bukan satu-satunya pabrikan yang sudah mulai berancang-ancang membuat chip 5nm.

Taiwan Semi Conductor Manufactoring Company (TSMC) -pabrikan yang menangani pembuatan chip iPhone A11 dan A12- pun telah mengumumkan purwarupa chip 5nm untuk pelanggan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X