Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Chip 5nm Hemat Daya untuk Smartphone

Kompas.com - 20/04/2019, 11:11 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Seperti beberapa pabrikan semikonduktor lain, Samsung baru saja mulai memproduksi chip ponsel dengan proses fabrikasi 7nm.

Namun, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu sudah berancang-ancang membuat chip generasi berikutnya.

Samsung pekan ini mengumumkan telah mulai melakukan sampling chip 5nm untuk smartphone dan gadget lain. Produksinya diperkirakan bakal dimulai pada kuartal kedua tahun 2020.

Dibandingkan generasi sebelumnya, chip 5nm disebut bisa lebih efisien daya sebesar 20 persen, di samping memiliki kinerja lebih tinggi sekitar 10 persen,

Dengan proses manufaktur yang lebih kecil, maka jumlah transistor yang bisa diletakkan di chip pun bakal bertambah banyak.

Karena hanya berukuran 5nm (nanometer), hingga 2.000 transistor bisa dimampatkan dalam area yang hanya berukuran selebar satu helai rambut manusia.

Sebagai perbandingan satu atom silikon hanya berukuran 1nm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Sabtu (20/4/2019).

Baca juga: Imbas Perang Dagang, Pabrikan Chip Eksodus dari China

Dalam proses manufaktur chip 5nm, Samsung bakal mengandalkan teknologi Extreme Ultraviolet (EUV) yang sebelumnya sudah teruji melalui produksi chip 7nm.

Samsung bukan satu-satunya pabrikan yang sudah mulai berancang-ancang membuat chip 5nm.

Taiwan Semi Conductor Manufactoring Company (TSMC) -pabrikan yang menangani pembuatan chip iPhone A11 dan A12- pun telah mengumumkan purwarupa chip 5nm untuk pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com