Kamera Huawei P30 Pro Dipreteli, Lensa Zoom Punya Bingkai Berbeda

Kompas.com - 22/04/2019, 09:02 WIB
Penampakan Huawei P30 Pro setelah dibongkariFixit Penampakan Huawei P30 Pro setelah dibongkar

KOMPAS.com - Belum genap satu bulan diluncurkan, Huawei P30 Pro sudah jadi "korban" oprekan iFixit, situs yang kerap membedah ponsel baru. Seperti biasa, iFixt mempreteli tiap komponen dalam ponsel, termasuk kamera.

Salah satu yang komponen menarik dari P30 Pro ada di quad-camera yang juga jadi fitur andalannya. Seperti diketahui, Huawei P30 Pro dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Susunan kamera belakang terdiri dari lensa ultra wide angle 20 megapiksel, wide-angle 40 megapiksel, lensa telefoto 8 megapiksel, yang ternyata mengusung bingkai berbeda.

Dari keempatnya, paling berbeda adalah lensa telefoto yang memiliki bingkai persegi, alih-alih bulat. Lensa tersebut memiliki fungsi 5x hybrid optical zoom. Bingkai persegi ini diduga untuk mengakomodasi fitur lensa zoom tadi.

Baca juga: Empat Kamera Huawei P30 Pro Ternyata Pakai Sensor Sony

Ada juga sensor Time of Flight (ToF) yang 'nangkring' di bawah LED flash, berguna untuk mendeteksi kedalaman bidang gambar.

Penampakan empat lensa kamera di Huawei P30 proiFixit Penampakan empat lensa kamera di Huawei P30 pro
Secara keseluruhan, iFixit menilai Huawei P30 pro ini sulit diperbaiki. Pasalnya, P30 Pro memiliki celah ponsel yang sangat sempit, sehingga sulit dibongkar.

P30 Pro dibekali layar lengkung (curved) mirip flagship Samsung. Hal tersebut juga menjadi salah satu risiko kala dioprek.

Namun, setelah cangkang bisa dibuka dengan sempurna, bagian dalam diklaim tak terlalu rumit untuk diambil. iFixit menyebut hanya butuh satu obeng Philips untuk mencongkel komponen-komponen dalam.

Bodi Huawei P30 pro cukup padat. Sehingga vendor harus menggunakan beberapa cara untuk memaksimalkan ruang. Misalnya saja dua buah papan sirkuit cetak (PCB) yang bertumpuk satu sama lain.

Baca juga: Menggenggam Huawei P30 Pro, Ponsel 4 Kamera dengan Zoom Periskop 5X

Namun, kedua PCB memilik struktur lapisannya sendiri-sendiri sehingga akan lebih sulit untuk memperbaikinya.

P30 pro juga memiliki banyak modular sementara bagian baterai terdapat sebuah tab penarik untuk mempermudah penanggalannya karena sangat lengket.

Dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Senin (22/4/2019), iFixit memberikan skor 4 dari 10 untuk P30 karena sukarnya ia dibongkar.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X