Tokopedia Luncurkan ByMe, Fitur Promosi Barang Lewat "Influencer"

Kompas.com - 22/04/2019, 13:07 WIB
Dari kiri ke kanan: Artis peran Cinta Laura, Cynthia Limin, Business Tribe Lead for Category & Content, Tokopedia, dan influencer Aroef Muhammad menunjukan fitur Tokopedia ByMe dalam acara peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019).KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI Dari kiri ke kanan: Artis peran Cinta Laura, Cynthia Limin, Business Tribe Lead for Category & Content, Tokopedia, dan influencer Aroef Muhammad menunjukan fitur Tokopedia ByMe dalam acara peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - E-commerce Tokopedia merilis satu fitur baru bernama ByMe dalam sebuah acara di Jakarta hari ini, Senin (22/4/2019).

ByMe bisa menjadi cara baru para penjual di platform marketplace itu untuk mempromosikan produknya melalui perantara atau dijuluki sebagai Tokopedia "ByMe influencer".

"Fitur ini memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang rekomendasi dari role model mereka, public figure, maupun orang terdekat seperti kerabat atau teman", jelas Cynthia Limin, Business Tribe Lead for Categirt & Content Tokopedia.

Sederhananya, para influencer akan bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Para influencer mempromosikan produk-produk rekomendasinya kepada para pengikutnya di media sosial.

Baca juga: Langganan Spotify Kini Bisa Lewat Tokopedia

Nantinya, dia akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tersebut. Besaran komisi akan ditentukan langsung oleh penjual.

"Kami tidak menentukan batas atas atau bawah mengenai komisi, jadi ditentukan langsung oleh merchant," jelas Cynthia.

Influencer juga dibebaskan untuk memilih merchant. Produk-produk yang ditawarkan bisa dari toko yang sama maupun toko yang berbeda.

Tokopedia mengklaim fitur ini akan menguntungkan semua pihak. Penjual bisa lebih mudah untuk meluaskan promosi produknya, influencer bisa mendapatkan komisi dari promosi, lalu pembeli bisa lebih mudah mencari barang rekomendasi.

Gandeng influencer kenamaan

Cynthia menambahkan, semua orang bisa jadi influencer Tokopedia ByMe. Tidak ada syarat khusus seperti jumlah follower atau lainnya.

"Asalkan punya akun Tokopedia, semua orang bisa bergabung jadi influencer," imbuh Cynthia.
Mereka hanya butuh foto atau video untuk promosi produk yang akan dipajang di profil akun Tokopedia.

"Video lebih engaging, orang-orang lebih suka lihat video", aku Cinta Laura yang menjadi salah satu Tokopedia ByMe Icon.

Cinta mengaku terbantu dengan fitur ini karena banyak fans yang penasaran dengan fashion atau make up yang ia kenakan.

Baca juga: Tokopedia Angkat Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama

"Mereka bisa langsung cek di bio Instagram aku buat lihat rekomendasi", ujar Cinta.

Hal senada juga diungkapkan YouTuber Arief Muhammad. Dia mengaku banyak pengikutnya di media sosial menanyakan dimana membeli barang-barang yang dipakainya, seperti aksesori kamera atau gadget.
 
"Buat infuencer, ini membantu sekali. Bisa jadi platform untuk meningkatkan engagement karena bisa lebih sering berinteraksi dengan follower", aku Arief.

Selain Cinta dan Arief, Tokopedia juga menggandeng influencer kenamaan lain atau yag dijuluki "Tokopedia ByMe Icon". Beberapa di antaranya adalah Boy William, Tasya Farasya, Atta Halilinyar, Ria Ricis dan masih banyak lagi.

Selain mendapatkan link dari media sosial sang influencer, calon pembeli juga bisa mengecek langsung di aplikasi Tokopedia, lalu pilih menu "ByMe Rekomendasi". Nantinya akan muncul beragam koleksi rekomendasi dari para influencer dan produk apa saja yang populer.




Close Ads X