Penumpang Grab Bisa Telepon Driver Lewat Aplikasi Secara Gratis

Kompas.com - 22/04/2019, 20:52 WIB
Keterangan foto (Ki-Ka) :
Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, Budi Wahyuni, Wakil Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Prisia Nasution, Aktris dan Atlet Pencak Silat, Bungsu Widowati, Area Head of Sales GrabFood Sulawesi & Kalimantan dan Pelatih Taekwondo, padas saat memperkenalkan dua fitur keamanan terbaru dari Grab, di sebuah acara di Jakarta, (22/4/2019).KOMPAS.com/Bill Clinten Keterangan foto (Ki-Ka) : Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, Budi Wahyuni, Wakil Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Prisia Nasution, Aktris dan Atlet Pencak Silat, Bungsu Widowati, Area Head of Sales GrabFood Sulawesi & Kalimantan dan Pelatih Taekwondo, padas saat memperkenalkan dua fitur keamanan terbaru dari Grab, di sebuah acara di Jakarta, (22/4/2019).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dalam aplikasi Grab, kini pengguna bisa melakukan panggilan secara gratis atau tanpa pulsa ke mitra pengemudi Grab lewat fitur panggilan suara via jaringan internet ( VoIP), atau disebut Grab dengan "Free Calls".

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna Grab melakukan panggilan melalui internet secara gratis atau tanpa biaya kepada mitra pengemudi Grab yang tengah menjemput mereka.

Free Calls pada prinsipnya serupa dengan layanan lain yang sama-sama menggunakan VoIP untuk melakukan panggilan suara, misalnya saja  voice call di WhatsApp dan Skype.

Baca juga: Pengguna Grab Bakal Wajib "Selfie" Sebelum Naik Kendaraan

Kehadiran Free Calls diresmikan oleh Grab dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna diharuskan memesan GrabBike atau GrabCar terlebih dahulu.

Kemudian, ketika pengemudi Grab ditemukan, fitur panggilan gratis ini bisa dilakukan dengan cara meng-klik ikon "gagang telepon" di tampilan yang menampilkan posisi pengemudi Grab serta estimasi waktu sampai seperti gambar berikut.

Ilustrasi langkah menggunakan fitur Free Calls di aplikasi GrabKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah menggunakan fitur Free Calls di aplikasi Grab

Setelah meng-klik ikon tersebut, pengguna akan disodorkan dua cara menelpon yang ada di dalam aplikasi Grab, ada pilihan "Free Calls" dan "Regular Phone Call".

Pilih "Free Calls" dan pengguna pun akan langsung dihubungkan dengan sang mitra Grab via VoIP. Adapun "Regular Phone Call" mengacu pada panggilan suara GSM konvensional lewat telepon pada ponsel.

Karena dilakukan lewat VoIP alias Voice over Interne Protocol, Free Calls pun tidak memotong pulsa pengguna, melainkan hanya memakai kuota data internet seperti WhatsApp dan Skype.

Tak bisa dilacak

Terkait keamanan, karena memang panggilan suara ini berbasis data lewat internet, nomor telepon pengguna tidak bisa dilacak oleh mitra Grab maupun penggunanya, sehingga dinilai lebih aman dari panggilan telepon biasa tanpa jaringan internet.

Fitur Free Calls sendiri digulirkan secara bertahap untuk pengguna Grab dan dijadwalkan rampung pada akhir April 2019.

Grab juga berencana memperluas fitur panggilan gratis ini ke mitra GrabFood dan GrabExpress di kemudian hari, namun belum diketahui pasti kapan.

Baca juga: Penumpang Wajib Selfie, Grab Klaim Angka Kejahatan Turun 45 Persen

Sebelum meluncur ke seluruh pengguna Grab, fitur Free Calls ini telah diuji coba terhadap 50 persen pengguna Grab selama bulan Desember 2018 hingga Maret 2019.

Dari hasil uji coba tersebut, Grab mengklaim fitur VoIP telah mengurangi kekerasan verbal melalui telepon dan chat yang berasal dari kesalahpahaman antara mitra pengemudi dengan penumpang sebanyak 64 persen.

"Fitur VoIP tidak hanya melindungi pelanggan, namun yang lebih penting telah menurunkan jumlah kasus persekusi verbal melalui telepon maupun chat," ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Fitur ini juga merupakan salah satu fitur keamanan Grab lainnya yang tercakup di dalam kampanye "Roadmap Teknologi Keselamatan" demi mencapai meminimalisir tingkat kecelakaan di operasional Grab di Indonesia hingga "nol insiden".




Close Ads X