Ini Bahayanya Meninggalkan Ponsel di Mobil

Kompas.com - 25/04/2019, 11:16 WIB
Ponsel milik wanita Thailand bernama Ying Yupa Anan meledak saat ditinggal di mobil, pekan lalu, meninggalkan bekas hangus dan lubang di kaca depan. The Nation/ Asia News NetworkPonsel milik wanita Thailand bernama Ying Yupa Anan meledak saat ditinggal di mobil, pekan lalu, meninggalkan bekas hangus dan lubang di kaca depan.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Meninggalkan ponsel atau perangkat elektronik lain di mobil saat siang bolong memang bukan ide bagus.

Selain bisa merusak komponen elektrik karena terpapar panas terus menerus, ada potensi bahaya lain berupa kebakaran atau ledakan.

Contohnya seperti yang dialami seorang wanita asal Thailand bernama Ying Yupa Anan. Pekan lalu dia meninggalkan ponselnya di mobil saat siang hari.

Padahal, cuaca di Thailand sedang gerah-gerahnya dengan suhu mencapai kisaran 40 derajat celsius akibat gelombang panas (heat wave) yang tengah melanda negeri tersebut.

Dibiarkan kepanasan, ponsel milik Anan pun meledak, meninggalkan bekas hangus, dan lubang menganga di kaca depan mobil.

“Ini adalah hukuman buat orang yang pelupa, (mobil saya) sampai rusak,” tulis Anan dalam sebuah posting di Facebook, disertai emoticon orang menangis untuk menggambarkan kesedihannya.

Baca juga: Powerbank Meledak di Pesawat Kembali Terjadi, Video Beredar Viral

Dari foto-foto yang diunggah oleh Anan, agaknya dia meletakkan ponsel di bagian dashboard mobil sehingga terpapar cahaya matahari. Tak heran perangkat tersebut kepanasan.

Mobil milik Ying Yupa Anan yang kaca depannya bolong setelah ponsel meledak.The Nation/ Asia News Network Mobil milik Ying Yupa Anan yang kaca depannya bolong setelah ponsel meledak.
Ada kemungkinan ledakan diakibatkan oleh baterai lithium-ion di ponsel yang overheating.

Suhu berlebih memang bisa mengakibatkan baterai mengalami “thermal runaway”, di mana panas menyebabkan reaksi berantai yang meningkatkan temperatur lebih jauh sehingga berakhir pada kebakaran atau ledakan.

Sebab itulah pengguna gadget disarankan agar tidak meninggalkan ponsel atau perangkat elektronik lain di dalam mobil, termasuk yang sama-sama menggunakan baterai lithium-ion seperti power bank.

Baca juga: Ponsel Meledak Tewaskan CEO Startup Malaysia

Di Thailand, Departemen Meteorologi setempat memperingatkan bahwa gelombang panas masih melanda negeri tersebut pekan ini. Suhu di ibukota Bangkok bisa mencapai kisaran 37-40 derajat celsius.

Di bagian utara Thailand, suhunya bisa lebih tinggi lagi, mencapai 39-43 derajat celsius, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AsiaOne, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Benarkah Main Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Asia One
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X