Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Beberkan "Skill" yang Wajib Dimiliki Anak Muda

Kompas.com - 25/04/2019, 13:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber money

KOMPAS.com - Banyak pihak yang ketar-ketir menyambut era industri 4.0. Mereka khawatir, skill atau kemampuan yang dimiliki akan diambil alih oleh teknologi.

Lantas, apa sebaiknya skill yang harus dikembangkan anak muda saat ini agar siap bertarung di industri digital?

CEO Apple, Tim Cook punya wejangan khusus untuk menjawab pertanyaan ini. Menurut Cook, anak muda zaman sekarang wajib memiliki kemampuancoding atau pemrograman aplikasi.

"Coding adalah bahasa kedua yang wajib Anda pelajari," ujar Cook dalam acara TIME 100 Summit yang berlangsung di New York City, Selasa (24/4/2019).

"Bahasa" coding diangap wajib lantaran nantinya, akan lebih banyak digunakan secara global.
Cook menyarankan agar skill ini bisa dipelajari sedini mungkin.

"Saya pikir setiap anak di dunia harus belajar coding," papar Cook.

Tidak harus terjun ke dunia IT untuk belajar coding. Cook mengatakan apapun rencana yang dimiliki, entah itu bidang ilmu alam, sosial, maupun seni, coding bisa diaplikasikan sebagai media mengekspresikan diri.

Ia percaya bahwa software akan berguna di seluruh aspek kehidupan manusia. Itulah mengapa belajar coding dirasa cukup penting bagi Cook.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Aplikasi Android, Ini Kelas Online dan Buku dari Dicoding

"Saya tidak mengatakan bahwa setiap orang harus jadi programer, yang saya katakan adalah, ini mirip dengan pelajaran sejarah dan matematika, kemampuan inti yang wajib dimiliki setiap anak," jelas Cook.

Cook secara tidak langsung turut mempromosikan program pengembangan software yang dimiliki Apple yakni kurikulum "Everyone Can Create" dan "Everyone Can Code". Paparan Cook bisa jadi ada benarnya.

Sebab, menurut Codecademy, sebuah situs belajar coding yang cukup kondang, mengatakan bahwa sepertiga pengguna platformnya mengaku bisa menghasilkan uang karena belajar koding.

Rata-rata, pengembang software mendapatkan penghasilan sekitar 106.000 dollar AS pada tahun lalu, menurut data dari Biro Ketenagakerjaan AS.

Baca juga: Berapa Gaji Rata-rata Karyawan Apple?

Akan tetapi, tak semua orang sepakat dengan pendapat Cook. CEO LinkedIn, Jeff Weiner misalnya. Ia mengatakan bahwa softskill, seperti kemampuan komunikasi dan kepemimpinan, saat ini lebih penting ketimbang kemampuan teknis.

Namun, Cook juga tak membantah bahwa kreativitas itu sama pentingnya bagi para pemuda, sebagaimana KompasTekno himpun dari Money, Kamis (25/4/2019). Sebab itulah, Cook mengatakan anak muda perlu fokus untuk belajar coding dan mengembangkan kreativitas.

Baca juga: Yuma, Programmer Usia 10 Tahun Asal Indonesia yang Dipuji Bos Apple

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber money
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com