Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Indosat Gelar Uji Kesiapan Jaringan di Padang

Kompas.com - 25/04/2019, 13:51 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri 1448 H, operator seluler Indosat Ooredoo menggelar uji jaringan di kota-kota besar, salah satunya kota Padang, Sumatera Barat.

Indosat menggejar uji jaringan untuk mengecek kesiapan jaringannya di daerah ramai seperti tempat wisata dan titik mudik, untuk menyambut bulan Ramadan.

"Kami melakukan uji coba jaringan di sini (Padang) untuk melihat apakah jaringan Indosat di titik wisata dan mudik sudah siap," ujar Head of Division Indosat area Sumatera, Selo Poernomo, saat perjalanan drive test jaringan di Padang, Kamis, (25/4/2019).

Baca juga: Indosat Anggarkan Rp 10 Triliun Agar Jaringannya Tidak "Lemot"

"Uji coba ini lalu akan menunjukkan kualitas sinyal dan coverage sekaligus kecepatan akses data Indosat Ooreedo di titik mudik dan tempat wisata di Padang," imbuhnya.

Indosat melakukan uji jaringan di sepanjang daerah ramai dan titik mudik di kota Padang hari ini, Kamis (25/4/2019), mulai pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang.

Daerah yang dilintasi bermula dari Bandara Internasional Minangkabau, lalu ke tengah kota Padang (Masjid Raya Sumatera Barat), Jembatan Siti Nurbaya, hingga pesisir pantai kota Padang (tempat wisata Bukit Padang dan Tugu Iora).

Empat aspek uji coba

Selain lokasi dan waktu, Selo turut menjelaskan mekanisme pengujian, termasuk empat aspek jaringan internet yang diukur dalam uji coba.

Pertama adalah uji continous 4G coverage untuk mengetahui sejauh mana jangkauan jaringan 4G LTE di kota Padang.

Kedua adalah uji streaming untuk mengetahui kualitas streaming video, seperti misalnya apakah ada buffering atau tidak.

Ketiga adalah speed test. Seperti namanya, uji coba ini untuk mengetahui kecepatan transfer data dalam jaringan.

Lalu, terakhir adalah uji coba video call. Uji coba panggilan video ini dilakukan untuk mengetahui apakah video call dengan jaringan Indosat bisa berjalan lancar atau tidak.

Baca juga: Google Sebut Orang Indonesia "Video Call" Lebih Lama Karena Sering Curhat

Selain uji coba jaringan data, Indosat juga melakukan voice service test call atau uji coba panggilan suara.

Aspek yang diuji coba adalah Call Setup Success Rate (CSSR), Call Drop Rate (CDR), Call Setup Time (CST), dan Mean Opinion Score (MOS).

Uji coba jaringan ini dilakukan secara serentak oleh Indosat di lima kota besar di Indonesia, yakni Makassar, Solo, Banjarmasin, Malang, dan juga Padang.

Di empat kota lainnya, uji coba jaringan juga dilakukan di sejumlah titik mudik dan tempat wisata yang biasanya ramai dikunjungi pada saat momen Ramadan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com