Prosesor Laptop Intel Core i9-9980HK Tembus Kecepatan 5 GHz

Kompas.com - 25/04/2019, 15:01 WIB
Ilustrasi logo IntelMobileSyrup Ilustrasi logo Intel

KOMPAS.com - Intel telah mengumumkan serangkaian prosesor baru yang diperuntukkan laptop kelas atas, salah satunya adalah Intel Core i9-9980HK. Istimewanya, prosesor ini ternyata dapat mencapai kecepatan turbo hingga 5 GHz.

Seperti chip Core i9 sebelumnya, Intel Core i9-9980HK juga memiliki delapan inti dan 16 thread yang dilengkapi dengan cache sebesar 16 MB. Selain itu, chip baru ini mendukung kartu jaringan Wi-Fi 6 terbaru Intel, yang mendukung transfer data hingga 2,4 Gbps.

Intel Core i9-9980HK mampu mencapai kecepatan 5 GHz dalam kondisi turbo. Artinya, jika prosesor ini di-overclock, maka pengguna bisa mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi.

Baca juga: Intel Resmikan Prosesor Generasi ke-9, Termasuk Core i9 dan X-Series

Intel mengatakan prosesor ini memang sengaja dibuat untuk khusus untuk gamer dan para kreator konten yang menginginkan performa tinggi untuk laptop mereka.

Intel mengklaim bahwa prosesor tersebut dapat meningkatkan kecepatan mengedit video 4K hingga 54 persen, jika dibandingkan komputer generasi terdahulu dari tiga tahun lalu. Sementara, performa game disebut bisa meningkat hingga 56 persen.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (25/4/2019),  prosesor Core i9-9980HK telah tersedia untuk sejumlah brand laptop kenamaan seperti Acer, Asus, Dell, HP, Razer, Lenovo, dan MSI.

Selain itu, Intel juga telah memperluas jajaran prosesor desktop generasi kesembilan hingga kini mencakup lebih dari 25 CPU yang berbeda di seluruh lini, mulai dari Celeron, Pentium Gold, Core i3, i5, i7 hingga i9.

Baca juga: Prosesor Intel Core Generasi ke-9 Dukung RAM Hingga 128 GB

Prosesor Celeron terbaru dan Pentium Gold adalah prosesor generasi kesembilan (Gen-9), pertama dalam lini tersebut yang dibuat untuk komputer berspesifikasi rendah.

Kendati demikian, semua prosesor terbaru yang diproduksi oleh Intel sampai saat ini masih dibuat dengan fabrikasi 14nm.

Intel diharapkan dapat segera beralih ke teknologi yang lebih baru agar prosesor yang diproduksi dapat lebih mendongkrak performa perangkat serta efisiensi daya. 


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X