Adu Pemakaian Harian Huawei P30 Pro Vs Galaxy S10+, Mana Lebih Kencang?

Kompas.com - 25/04/2019, 16:12 WIB
Huawei P30 Pro (kiri) dan Samsung Galaxy S10 PlusKOMPAS.com/ OIK YUSUF Huawei P30 Pro (kiri) dan Samsung Galaxy S10 Plus

KOMPAS.com - Galaxy S10 Plus dan P30 Pro adalah ponsel paling premium dari Samsung dan Hauwei. Keduanya juga membawa spesifikasi terunggul dari lini produk masing-masing pabrikan.

Salah satu kanal gadget di YouTube, yakni PhoneBuff, coba mengadu kedua ponsel flagship ini dalam hal kecepatan yang tentu saja berkaitan dengan sektor dapur pacu.

Untuk diketahui, dalam uji coba ini, PhoneBuff menggunakan Galaxy S10 Plus yang ditenagai Snapdragon 845, bukan Exynos 9820 seperti versi yang dipasarkan di Indonesia.

Sementara P30 Pro dipersenjatai Kirin 980 buatan Huawei sendiri. Kedua ponsel sama-sama memiliki RAM 8 GB, dengan media internal 256 GB untuk P30 Pro dan 128 GB untuk Gaalxy S10 Plus.

Baca juga: Huawei P30 Pro Vs Galaxy S10 Plus, Mana yang Lebih Unggul?

Untuk resolusi layar, Galaxy S10 Plus lebih unggul yakni 3040 x 1440 dibanding P30 Pro dengan resolusi 2340 x 1080. Tapi keduanya sama-sama menjalankan Android 9 Pie.

Uji kecepatan bukan dilakukan dengan tool benchmark, melainkan mesin lengan mekanik untuk mengukur seberapa cepat kedua ponsel bisa membuka aplikasi dalam penggunaan sehari-hari.

Sang lengan mekanik bertugas untuk membuka semua aplikasi berulang-ulang. Kurang lebih ada 16 aplikasi yang dilibatkan dalam pengujian. Pengukuran kinerja dilakukan dengan memakai stopwatch.


Hasil dua putaran

Uji coba dimulai dengan membuka aplikasi Facebook. Huawei P30 Pro unggul di uji coba ini.
Namun ketika mencoba membuka aplikasi sebuah kedai kopi, baik P30 Pro dan Galaxy S10 Plus memiliki catatan waktu yang sama.

P30 Pro baru mulai keok saat aplikasi dokumen berisi 500 halaman dibuka. Sementara Galaxy S10 Plus lebih cepat dalam membuka dokumen dengan format file Microsoft Excel.

Baca juga: Mode Malam di Kamera Galaxy S10 Sudah Bisa Di-download

Lengan mekanik melanjutkan tugas membuka setiap aplikasi dalam putaran kedua pengujian. Bisa dibilang, kecepatan kedua ponsel sangat kompetitif secara umum. Namun akhirnya, Galaxy S10 Plus keluar sebagai juara dengan selisih waktu 8 detik.

Masing-masing waktu yang dihabiskan pada putaran pertama adalah 2 menit 5 detik untuk P30 Pro, sementara Galxy S10 Plus mendapatkan skor satu menit 56 detik.

Di putaran kedua, kecepatan keduanya hanya terpaut kurang dari satu detik. P30 Pro menghabiskan waktu 34 detik 45 milidetik, sementara total waktu yang dihabiskan Galaxy S10 Plus adalah 35 detik 63 milidetik.

Bisa disimpulkan bahwa kedua ponsel ini sudah sangat cepat dan memadai untuk menangani segala aktivitas pemiliknya. Selisih kinerja antara Galaxy S10 Plus dan P30 Pro pun agaknya tak akan terasa dalam penggunaan sehari-hari.

Di samping itu, ada banyak hal atau fitur dari sebuah ponsel yang mesti ditimbang di luar kecepatanya. Huawei P30 Pro, misalnya memiliki empat kamera inovatif dengan laburan warna menarik di bagian punggung.

Lalu, Galaxy S10 Plus datang dengan layar beresolusi dan berkualitas tinggi dengan dua kamera selfie tersemat di bagian "punch-hole" display sehingga tak membutuhkan poni.

Kamera Galaxy S10 Plus juga tak kalah mumpuni, khususnya kemampuan merekam video dengan fitur Super Steady. (Baca juga: Angga Sasongko Kagumi Fitur Super Steady di Samsung Galaxy S10)

Mana yang lebih unggul? Tentu tergantung preferensi masing-masing pengguna. Video adu kecepatan P30 Pro Vs Galaxy S10 Plus dari PhoneBuff bisa dilihat di tautan berikut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Apr 14, 2019 at 9:26pm PDT

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X