Xiaomi dan LG Siapkan Ponsel dengan Tiga Kamera Selfie?

Kompas.com - 25/04/2019, 19:03 WIB
Galaxy A80 memiliki tiga kamera yang bisa berputar sehingga berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus kamera depan. KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELAGalaxy A80 memiliki tiga kamera yang bisa berputar sehingga berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus kamera depan.

KOMPAS.com - Susunan triple-front cameras alias tiga kamera depan memang belum ada di smartphone saat ini. Mungkin satu-satunya ponsel yang sudah memiliki fungsi tiga kamera depan adalah Samsung Galaxy A80 yang memiliki teknologi rotasi kamera.

Triple-camera di Galaxy A80 bisa berfungsi sebagai kamera belakang maupun kamera selfie. Tak lama lagi, smartphone dengan tiga lensa selfie akan terwujud. Setidaknya begitulah menurut rumor yang beredar belakangan ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A80 Resmi dengan Tiga Kamera yang Bisa Berputar

Disebutkan bahwa dua vendor smartphone, yakni LG dan Xiaomi, sedang menyiapkan ponsel dengan tiga kamera depan. Paten milik LG diketahui terdaftar di lembaga kekayaan intelektual dunia (WIPO).

Tiga lensa tersebut tersemat di "notch" atau bilah takik yang memanjang di bagian atar layar ponsel. Tidak disebutkan secara rinci seperti apa konfigurasi ketiga kamera tersebut.

Kemungkinan, susunan kamera terdiri dari lensa standar, lensa ultra-wide, dan sensor ToF. Belum diketahui pula seri ponsel mana dari LG yang akan memiliki fitur ini.

Baca juga: LG Resmikan V50 ThinQ dengan Dukungan 5G

Dugaan sementara, ponsel dimaksud akan menjadi penerus LG V50. Indikasi ini merujuk pada susunan tiga kamera belakang yang terususun horisontal seperti LG V50, seperti dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Kamis (25/4/2019).

Desain paten ponsel tiga kamera depan milik XiaomiCNIPA via Tiger Mobile Desain paten ponsel tiga kamera depan milik Xiaomi

Lalu bagaimana dengan Xiaomi? Paten ponsel dengan tiga kamera depan milik Xiaomi diketahui terdaftar di badan kekayaan intelektual nasional China (CNIPA).

Berbeda dengan sketsa paten LG, desain ponsel Xiaomi menunjukan mekanisme geser (slider), di mana kamera depan baru akan naik ke atas saat digunakan. Desain ini mirip dengan Mi Mixk 3 yang sudah dirilis.

Belum diketahui apakah ponsel berkamera depan tiga buah dari Xiaomi ini akan menjadi penerus Mi Mix 3 atau dibuat sebagai smartphone seri lain.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix 3 Resmi Meluncur, Usung Kamera Selfie Tersembunyi dan RAM 10 GB

Konfigurasi susunan tiga kamera swafoto tersebut juga masih belum jelas. Selain di bagian depan, kamera belakang perangkat dimaksud juga berjumlah tiga buah dan tersusun secara horizontal.

Desain ponsel tiga kamera milik LGWIPO via GSM Arena Desain ponsel tiga kamera milik LG

Menariknya, baik LG V50 dan Mi Mix 3 yang kemungkinan menjadi "kakak" dari dua calon ponsel di atas diketahui sama-sama memiliki dual-selfie camera.

Sejauh ini belum ada informasi lain utnuk memperkuat prediksi apakah ponsel di dua paten tersebut adalah penerus LG V50 dan Mi Mix 3 atau tidak.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, meski telah mendaftarkan paten, belum tentu kedua calon perangkat tersebut akan benar-benar mewujud menjadi produk komersil.

Kalaupun benar-benar terwujud nanti, desainnya belum tentu serupa dengan paten karena masih ada kemungkinan diubah sesuai kehendak vendor terkait.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Tech Radar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X