Menguji Internet Indosat Ooredoo di Kota Padang

Kompas.com - 26/04/2019, 12:18 WIB
Tiga perwakilan Indosat Ooreedo regional Padang saat melaporkan hasil uji coba jaringan, Kamis (25/4/2019).
Ket. Foto (ki-ka): Mantoni, Area Sales Manager Indosat Ooredoo Sumatera Barat, Selo Poernomo, Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo, dan Operator drive test.KOMPAS.com/Bill Clinten Tiga perwakilan Indosat Ooreedo regional Padang saat melaporkan hasil uji coba jaringan, Kamis (25/4/2019). Ket. Foto (ki-ka): Mantoni, Area Sales Manager Indosat Ooredoo Sumatera Barat, Selo Poernomo, Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo, dan Operator drive test.

PADANG, KOMPAS.com - Operator Indosat Ooredoo melakukan uji coba kesiapan jaringan internet 4G (drive test) di beberapa titik di Sumatera Barat, terutama kota Padang, yang berpotensi ramai dilintasi serta dikunjungi pada saat momen Ramadhan nanti.

Daerah yang dilintasi bermula dari Bandara Internasional Minangkabau, lalu beralih ke tengah kota Padang (Masjid Raya Sumatera Barat), kemudian ke tempat wisata Jembatan Siti Nurbaya, hingga pesisir pantai kota Padang (tempat wisata Bukit Padang dan Tugu Iora).

Ada beberapa aspek yang menjadi nilai ukur uji jaringan ini, yaitu 4G coverage, streaming video, speed test, hingga video call test.

Perlu diketahui, mekanisme uji jaringan ini dilakukan dengan metode stress test, di mana perangkat (smartphone) yang digunakan untuk menguji coba jaringan juga berada di dalam mode tethering.

Sementara, koneksi internet dari smartphone tersebut, melalui tethering, juga dipakai di laptop untuk melakukan streaming video resolusi HD (720p) di YouTube.

Hasil drive test

Secara coverage, sepanjang jalur uji coba, mulai dari Bandara Minangkabau hingga Tugu Iora, tercatat sudah 100 persen menjangkau 4G secara kontinu.

Baca juga: Ramadhan, Indosat Siapkan Bandwidth 18 TB per Hari

Artinya, sinyal 4G terpantau stabil tanpa putus atau tanpa adanya gangguan yang mengalihkan jaringan 4G ke 3G secara paksa.

Di jalur uji coba ini pula, streaming video YouTube dengan kualitas HD (720p) juga bisa berjalan dengan lancar tanpa buffering. Sayangnya, tidak diuji coba streaming YouTube untuk kualitas 1080p.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X