Tidak Punya Tombol dan Colokan, Bagaimana Cara Pakai Ponsel Vivo Apex?

Kompas.com - 26/04/2019, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat vendor lain masih berkutat dengan "notch" yang semakin menyusut, Vivo membuat gebrakannya sendiri.

Vendor asal China itu memperkenalkan terobosan ponsel layar penuh tanpa bezel (bingkai), tanpa tombol fisik, sekaligus tanpa lubang apapun. Ponsel itu terwujud dari konsep Vivo Apex 2019.

Tidak ada tombol fisik volume, daya, tidak ada kamera di depan, tidak ada slot kartu SIM, tidak ada lubang pengisi daya, tidak ada headphone jack maupun speaker. Lalau bagaimana menggunakannya?

Meski Vivo Apex ini baru berupa konsep yang tidak dijual komersil, tapi cukup menarik untuk melihat bagaimana menggunakan ponsel ini dalam bentuk purwarupa.

Tanpa tombol fisik bukan berarti fungsin tombol turut ditiadakan. Vivo menanamkan serangkaian teknologi di Vivo Apex.

Tombol daya dan volume

Untuk menggantikan fungsi tombol daya dan volume, Vivo Apex menggunakan teknologi bernama "Touch Sense". Teknologi ini merupakan kombinasi anatara kombinasi sensor tekanan (pressure sensor) dan sentuhan kapasitif (capasitive touch).

Sensor Touch Sense yang terdapat di smartphone Vivo Apex.WAHYUNANDA KUSUMA/KOMPAS.COM Sensor Touch Sense yang terdapat di smartphone Vivo Apex.
Tombol daya dan volume yang biasa ada di sisi kanan ponsel, digantikan dengan sebuah panel sentuh yang samar.

Area sentuh ini sejatinya sulit ditemukan karena sangat kecil dan samar. Saat panel disentuh, akan muncul ikon volume dan tombol daya di sisi kanan layar.

Speaker dan mikrofon

Vivo menggunakan teknologi bernama Body Sound Casting untuk sektor speaker dan mikrofon. 

Teknologi ini menggunakan piezo electric ceramic ubtuk menghasilan suara dan getaran di bodi belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.