Indosat Klaim 5G Sudah Siap, Tinggal Tunggu Regulasi

Kompas.com - 27/04/2019, 08:23 WIB
Ilustrasi 5GSHUTTERSTOCK Ilustrasi 5G

PADANG, KOMPAS.com - Seperti operator-operator lain di Indonesia, Indosat Ooredoo juga berancang-ancang menyambut teknologi jaringan seluler generasi kelima alias 5G.

Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo Selo Poernomo mengatakan pihaknya telah merampungkan "proof of concept 5G" untuk penggunaan indoor.

"Artinya, secara jaringan sistem (5G) sudah disiapkan," kata Selo saat ditemui KompasTekno di sela acara uji jaringan Indosat di Padang, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Indosat Akan Tambah 18.000 BTS 4G LTE di 2019

Menurut Selo, Indosat kini juga terus menyiapkan ekosistem jaringan untuk menunjang implementasi 5G di masa depan.

Misalnya, meningkatkan kerapatan antar situs BTS, terutama di daerah urban, memperbanyak sambungan fiber optic, dan menggunakan perangkat jaringan yang siap di-upgrade ke 5G.

"Kami juga akan melihat nanti pasarnya (5G) seperti apa," ujar Selo.

Baca juga: Menguji Internet Indosat Ooredoo di Kota Padang

Pemerintah saat ini masih belum mengeluarkan regulasi terkait penggunaan frekuensi untuk jaringan 5G. Hal itulah yang ditunggu oleh Indosat sebelum mulai menggelar 5G.

Namun, Selo mengatakan pihaknya siap mengikuti roadmap yang dibuat pemerintah untuk penerapan 5G di Indonesia.

Secara infrastruktur pun, menurut dia, Indosat sudah siap. "Nanti begitu regulasi sudah oke, maka seharusnya kami tak perlu mengerjakan banyak hal lagi," pungkas Selo.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X