"Feature Phone" Masih Banyak, Indosat Pertahankan 2G di Sumatera

Kompas.com - 27/04/2019, 14:05 WIB
Ilustrasi Nokia 210 PhoneArenaIlustrasi Nokia 210
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

PADANG, KOMPAS.com - Meski sudah menggelar jaringan 4G LTE sejak beberapa tahun lalu dan terus mengembangkannya hingga kini, operator seluler Indosat Ooreedoo mengatakan masih banyak pelanggannya di Sumatera yang bergantung pada jaringan 2G.

Menurut Kustanto, Group Head Network Strategy, Architecture & Solution Indosat Ooredoo, situasi tersebut disebabkan oleh sebagian pengguna Indosat di pulau tersebut yang masih bertahan dengan feature phone, belum beralih menggunakan smartphone modern.

Penggunaan feature phone yang notabene masih berkisar soal panggilan suara dan pesan singkat (SMS) pun tak membutuhkan koneksi internet, apalagi bandwidth tinggi dari 4G LTE.

Baca juga: Ramadan, Indosat Siapkan "Bandwidth" 18 TB Per Hari

"Ini terkait dengan kebutuhan dari user yang memang masih sebatas phone dan SMS, belum membutuhkan service data (internet seluler)," ujar Kustanto ketika ditemui KompasTekno di sela acara uji jaringan Indosat di kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (26/4/2019).

Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooreedo Selo Poernomo memberikan pernyataan serupa. Menurut Selo, Indosat belum bisa meninggalkan 2G lantaran masih banyak pemasukan yang disumbang oleh teknologi jaringan seluler uzur itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Contohnya, di market Aceh, bisnis utama kami di sana itu masih 2G," ungkap Selo.

4G Digenjot, 2G Bertahan

Ilustrasi Selo Poernomo, Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo, saat ditemui KompasTekno di acara uji kesiapan jaringan Indosat di Padang, Kamis (25/4/2019).Bill Clinten/Kompas.com Ilustrasi Selo Poernomo, Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo, saat ditemui KompasTekno di acara uji kesiapan jaringan Indosat di Padang, Kamis (25/4/2019).
Indosat berupaya memigrasikan pelanggannya di Sumatera agar memakai smartphone supaya penggunaan frekuensi 2G bisa dialihkan untuk memaksimalkan layanan 4G LTE.

Namun, upaya tersebut masih terganjal oleh banyaknya pelanggan 2G seperti tersebut di atas.

Beberapa usaha dilancarkan Indosat demi menarik pelanggan untuk beralih jaringan, seperti  promo bundling ponsel dan SIM card.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.