Menjajal Vivo Apex, Ponsel Unik Tanpa Tombol dan Lubang

Kompas.com - 28/04/2019, 16:39 WIB
Vivo Apex dirancang tidak memiliki tombol fisik untuk mengatur volume suara. Hanya ada panel sentuh berteknologi Touch Sense di sisi kanan ponsel. Saat disentuh, akan muncul ikon volume dan tombol daya di sisi kanan layar. WAHYUNANDA KUSUMA/KOMPAS.COMVivo Apex dirancang tidak memiliki tombol fisik untuk mengatur volume suara. Hanya ada panel sentuh berteknologi Touch Sense di sisi kanan ponsel. Saat disentuh, akan muncul ikon volume dan tombol daya di sisi kanan layar.

KOMPAS.com - Evolusi ponsel genggam kian "menggila". Terobsesi dengan layar tanpa bezel (bingkai), para vendor berlomba-lomba menelurkan inovasi baru untuk menghadirkan layar lebih luas dan penuh.

Sebagian besar vendor ponsel memilih memangkas ukuran bingkai dan menawarkan "notch" atau poni mungil untuk wada kamera depan. Sebagian lagi memilih opsi mekanisme pop-up. Tapi Vivo memilih terobosan baru.

Vendor ponsel China itu membuat purwarupa ponsel Vivo Apex dengan konsep yang cukup unik, yakni ponsel tanpa tombol fisik maupun lubang di seluruh bodi. Alhasil, kesan "mulus" langsung terasa saat kali pertama menggenggam ponsel tersebut.

Ditambah material kaca yang melapisi punggu dan panel super AMOLED di layar, menambah "kemewahan" ponsel ini. Karena masih berupa prototipe dan tidak dijual komersil, ketersediaannya pun terbatas.

Baca juga: Ponsel Vivo Apex Diumbar di Jakarta, Kapan Dijual?

Untungnya, KompasTekno sempat menjajal Vivo Apex sejenak. Tidak seperti smartphone konvensional, di sisi kanan kiri maupun atas dan bawah tidak ditemukan tonjolan tombol atau lubang apa pun.

Hanya ada panel sensor untuk mengoperasikan tombol volume dan daya di sisi kanan layar.
Sensor tersebut beranama "Touch Sense" yang ketika disentuh, maka akan muncul ikon volume dan daya di sisi kanan layar.

Sensor Touch Sense yang terdapat di sisi kanan smartphone Vivo Apex. Panel ini sangat kecil dan samar karena bewarna senada dengan casing ponsel.WAHYUNANDA KUSUMA/KOMPAS.COM Sensor Touch Sense yang terdapat di sisi kanan smartphone Vivo Apex. Panel ini sangat kecil dan samar karena bewarna senada dengan casing ponsel.

Wujud panel sangat samar dan area panel sangat kecil, sehingga agak membingungkan ketika ingin mengontrol volume. Lalu di bagian punggung tersemat kamera ganda yang tersusun vertikal di sisi atas punggung.

Konfigurasi kamera tersebut adalah 12 megapiksel dan 13 megapiksel. Sayangnya, Vivo masih memiliki PR untuk kamera depan yang absen di ponsel ini. Tulisan "Apex" tergurat di tengah punggung berlapis kaca.

Di bagian bawah punggung, terdapat port untuk mengisi daya. Port ini dinamakan Vivo sebagai "MagPort" sesuai cara kerjanya.

Alih-alih dicolokan seperti microUSB, MagPort menggunakan bahan magnet yang menghubungkan docking dan port pin (titik-titik logam magnetik), sama seperti yang dijumpai di laptop Apple MacBook.

Pengisian daya di smartphone Vivo Apex.WAHYUNANDA KUSUMA/KOMPAS.COM Pengisian daya di smartphone Vivo Apex.

Selain berfungis sebagai pengisi daya, MagPort juga berfungsi untuk transfer data. Sementara lubang speaker dan mikrofon tertanam di bodi ponsel dengan teknologi bernama "Body Sound Casting" yang mengeluarkan suara dari punggung ponsel.

Bagaimana wujud si ponsel licin ini dari segala sisi? Cek selengkapnya di Instagram KompasTekno di tautan berikut ini.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

#vivoapex2019 dipamerkan di Indonesia. Keunggulan ponsel ini adalah tidak ada tombol fisik atau lubang sama sekali. Terus gimana? Vivo menggunakan teknologi "Touch Sense" untuk menggantikan fungsi tombol volume dan daya. Ada juga "MagPort" di punggung ponsel untuk mengisi baterai dan transfer data sebagai ganti port USB. Tugas speaker digantikan teknologi "Body SoundCasting" yang ditanam di bodi ponsel, sehingga suara keluar melalui punggung. Pemindaian sidik jari juga bisa di seluruh permukaan layar ponsel. Tak cuma satu jari tapi bisa menempelkan dua jari sekaligus. Spesifikasi prototype Vivo Apex 2019: Layar: 6,39 inci AMOLED Prosesor: Snapdragon 855 Memori: RAM 12GB / 512 GB. Kamera belakang: 12 MP+ 13 MP Kamera depan: tidak ada Jaringan: 5G menggunakan e-SIM. Android 9 Pie #vivoindonesia #vivoapex

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Tekno (@kompas.tekno) pada 26 Apr 2019 jam 4:13 PDT

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X