Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrome di Android Akhirnya Kebagian "Mode Gelap" dengan Trik Khusus

Kompas.com - 29/04/2019, 11:23 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren fitur "dark mode" alias mode gelap kian populer disematkan pada beragam aplikasi. Google pun demikian, setelah menggulirkan mode gelap untuk YouTube dan aplikasi lain miliknya, kini giliran browser Chrome di Android yang kebagian mode ini.

Mode gelap yang tersedia membuat latar belakang Chrome Android yang semula putih berubah warna menjadi serba hitam saat digunakan. Selain nyaman di mata, konon mode gelap juga membantu pengguna untuk menghemat baterai.

"Dark Mode" di Chrome Android sudah bisa diaktifkan, namun masih belum tersedia opsi praktis seperti tombol untuk menghidupkan dan mematikan mode gelap tersebut.

Mode gelap ini pun tampaknya masih dalam tahap penyempurnaan dan belum digelontorkan secara merata untuk semua pengguna.

Baca juga: Agar Baterai Android Lebih Irit, Aktifkan Mode Tampilan "Dark Mode"

KompasTekno sempat mencoba mengaktifkan mode gelap Chrome di beberapa perangkat berbeda dan belum dapat menemukan pilihan untuk aktivasi mode tersebut.

Namun, tentu saja tak ada salahnya mencoba. Siapa tahu Chrome di ponsel Android Anda sudah bisa mengaktifkan dark mode. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengetahuinya.

Cara mengaktifkan "Dark Mode" di Chrome Android

Untuk menggunakan mode gelap ini, pengguna harus melakukan beberapa langkah. Pertama-tama, pasang Chrome versi terkini, lalu ketik "chrome://flags" tanpa tanda kutip pada kolom pencarian dan tekan enter atau klik telusuri.

Setelah itu, pengguna akan masuk pada menu Google Chrome Flag. Untuk menemukan tombol aktivasi mode gelap, pengguna cukup mengetik "Android Chrome UI dark mode", kemudian tekan enter.

Tampilan mode gelap pada Chrome Beta 739to5Google Tampilan mode gelap pada Chrome Beta 73

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (29/4/2019), nantinya akan muncul sebuah kolom untuk mengaktifkan mode gelap. Ubah pilihan "default" menjadi "enabled" untuk mengaktifkan fitur "dark mode" tersebut.

Setelah itu, tutup dan kemudian buka kembali Google Chrome untuk mengatifkan mode gelap pada menu setting. Caranya, tekan tombol berupa tiga titik yang ada pada bagian kanan atas jendela browser dan masuk menu "setting" .

Baca juga: Beginikah Tampilan Mode Gelap WhatsApp di Android?

Setelah itu, pengguna akan menemukan opsi "dark mode" untuk mengaktifkan mode gelap.

Setelah mode gelap diaktifkan, pengguna akan mendapati warna pada browser kini berubah menjadi hitam pekat, mirip ketika pengguna menggunakan mode "incognito" untuk berselancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com