Kompas.com - 29/04/2019, 14:42 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Seiring dengan peningkatan kinerja, jeroan ponsel menjadi semakin panas. Sejauh ini suhu masih bisa diredam dengan pendingin pasif seperti penerapan lempengan heatsink lebar dan heatpipe.

Namun ke depan, tren pendingin ponsel bisa jadi mengarah ke active cooling dengan kipas layaknya laptop. Contoh perdananya sudah muncul dalam wujud Nubia Red Magic 3, ponsel gaming pertama yang dibekali fan pendingin internal.

Baca juga: Vivo Rilis Ponsel Gaming iQoo, Harga Mulai Rp 6 Jutaan

Nubia memperkenalkan Red Magic 3 dalam sebuah acara di China pekan lalu. Kipas di dalamnya berfungsi sama dengan di komputer, yakni membuang panas ke luar tubuh ponsel. Tentu saja, ukurannya jauh lebih kecil dibanding kipas di laptop atau PC.

Kipas di ponsel Nubia Red Magic 3 diklaim senyap saat beroperasi dan tak menguras baterai meski bisa berputar hingga sekencang 14.000 RPM (putaran per menit). Kecepatan kipas ini bisa diatur lewat aplikasi yang terpasang di Red Magic 3.

Ponsel gaming ROG Phone besutan Asus sebelumnya juga menawarkan kipas pendingin. Tapi kipas tersebut berupa aksesori yang dipasang secara eksternal, bukan disematkan langsung di dalam bodi ponsel seperti Red Magic 3.

Ilustrasi internal cooling fan di Nubia Red Magic 3XDADevelopers Ilustrasi internal cooling fan di Nubia Red Magic 3

Selain kipas yang berfungsi sebagai pendingin aktif, Red Magic 3 juga dibekali pendingin pasifberupa liquid cooling, mirip dengan yang terdapat di ponsel gaming lain macam Asus ROG Phone atau Xiaomi Black Shark.

Soal spesifikasinya sendiri, Nubia Red Magic 3 memiliki bentang layar 6,65 inci FullHD+ dengan panel AMOLED. Layar ini mengusung aspek rasio 19,5:9. Tak ada poni (notch) di bagian depan ponsel ini.

Nubia Red Magic 3 memiliki satu kamera 48 megapiksel (f/1.7) di bagian belakang dan satu kamera 16 megapiksel (f/2.0) di bagian depannya.

Baca juga: Permintaan Ponsel Selfie Kurang, Asus Fokus Bikin Ponsel Gaming di Indonesia

Dapur pacu Nubia Red Magic 3 mengandalkan chip Snapdragon 855 dengan tiga pilihan kapasitas RAM (6 GB, 8 GB, dan 12 GB) dan tiga pilihan kapasitas memori internal (64 GB, 128 GB, dan 256 GB).

Ada juga baterai 5.000 mAh, Quick Charge 4.0, dua tombol shoulder untuk bermain game, serta OS Android 9.0 Pie dan pemindai sidik jari di punggung.

Nubia Red Magic 3 rencananya akan mulai dijual pada 3 Mei mendatang di China. Banderolnya mulai 2.899 yuan atau Rp 6,1 juta hingga 4.299 yuan atau Rp 9 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDADevelopers, Senin (29/4/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.