YouTuber PewDiePie Minta Fans Setop Ajakan "Subscribe" Kanalnya

Kompas.com - 30/04/2019, 06:54 WIB
PewDiePie atau Felix Kjellberg adalah seorang bintang YouTube dengan puluhan juta pengikut. GamerantPewDiePie atau Felix Kjellberg adalah seorang bintang YouTube dengan puluhan juta pengikut.

KOMPAS.com - YouTuber populer PewDiePie meminta para penggemarnya untuk menyetop kampanye "Subscribe to PewDiePie". Seruan itu ia lontarkan dalam video terbarunya yang rilis Minggu (28/4/2019) kemarin.

Dalam video berjudul Ending the Subscribe to PewDiepie, YouTuber bernama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg itu mengaitkan keputusannya dengan tragedi penembakan di masjid Christchurch di Selandia Baru bulan lalu.

Pelaku penembakan diketahui meneriakkan kalimat "Subscribe to PewDiePie" saat melakukan siaran langsung penembakan di Facebook.

"Mengetahui nama saya diasosiasikan dengan sesuatu yang keji telah mempengaruhi saya dalam berbagai hal. Saya tidak ingin membahasnya secara langsung dan tidak ingin memberikan lebih banyak perhatian kepada teroris," terang Kjellberg.

Baca juga: Disinggung Teroris Selandai Baru, Begini Reaksi PewDiePie

"Tapi untuk lebih jelasnya, bagi saya saat ini, gerakan "Subscribe to PewDiePie" harus diakhiri," katanya lagi.

Kampanye "Subscribe to PewDiePie" dilakukan para fans Kjellberg untuk mempertahankan posisi PewDiePie sebagai Raja YouTube dengan subscriber (pelanggan) terbanyak di dunia.

Posisinya mulai terancam setelah jumlah subscriber perusahaan studio hiburan asal india, T-Series, memepet posisi PewDiePie.

Kedua kanal tersebut berlomba-lomba menghimpun subscriber paling banyak. Dari sinilah, fans PewDiePie yang kebanyakan berasal dari kalangan remaja hingga pemuda, menggunakan berbagai cara untuk menyebarluaskan gerakan "Subscribe to PewDiePie.

Mereka pernah meretas printer di AS, meretas layar SPBU, memasang billboard, dan aksi lainnya demi mendongkrak jumlah subscriber PewDiePie.

Tak hanya penggemar, YouTuber lain juga ikut kampanye ini sebagai solidaritas sesama YouTuber melawan korporasi, dalam hal ini T-Series.

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X