Vendor China Ini Dului Samsung dan Huawei Jual Ponsel Lipat

Kompas.com - 30/04/2019, 16:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - November tahun lalu, vendor China bernama Royole (Royuu) membuat kejutan dengan memperkenalkan smartphone layar lipat pertama di dunia, lebih dulu dari Samsung dan Huawei.

Tak berhenti sampai di situ, pekan ini Royole lagi-lagi menyalip Samsung dan Huawei dalam hal rilis produk ke pasaran. Ponsel lipat Royole yang bernama Flexpai sudah mulai dijual di China.

Baca juga: Bukan Dari Samsung atau Huawei, Inilah Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Banderol harganya dipatok mulai 8.999 yuan (Rp 18,8 juta) untuk versi RAM 6GB dan storage 128 GB hingga 12.999 yuan (Rp 27,3 juta) untuk varian 8 GB/ 512 GB. Penjualan perdananya digelar pada 29 April kemarin di e-commerce T-mall.

Meski dihargai relatif mahal, kabarnya Flexpai habis terjual dalam beberapa jam, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Selasa (30/4/2019). Meski demikian, jumlah unit yang terjual tidak diungkap.

Ponsel lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X hingga kini masih belum dijual di pasaran. Samsung memutuskan untuk menunda rilis Galaxy Fold setelah beberapa unit awalnya mengalami kerusakan di tangan pengguna. 

Huawei Mate X kemungkinan juga akan baru hadir pada Juli mendatang.

Baca juga: Samsung Tunda Peluncuran Galaxy Fold Secara Global

Jalan Royole Flexpai sendiri sebenarnya juga tak mulus. Ponsel ini sempat dilaporkan lekas panas dan baru saja bisa mulai diproduksi masal bulan lalu.

Flexpai memiliki diagonal layar 7,8 inci saat dibentangkan dan 4,3 inci dalam kondisi dilipat. Engsel fleksibel perangkat ini diklaim bisa dibuka-tutup sebanyak 200.000 kali.

Dapur pacunya mengandalkan chip Snapdragon 855 terbaru dari Qualcomm. Spesifikasi lain termasuk baterai 3.800 mAh dengan fast charging, kamera ganda 16 megapiksel dan 20 megapiksel, serta sistem operasi Android Pie yang dilapis antarmuka Water OS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.