Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Siapkan "Bandwidth" 4,7 TB Per Detik untuk Lebaran 2019

Kompas.com - 01/05/2019, 08:25 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menyatakan kesiapannya menyambut momen Ramadhan dan Idul Fitri 2019 (RAFI).

Beberapa hal yang dilakukan Telkomsel antara lain penambahan kapasitas jaringan di 10.000 BTS 4G, distribusi produk, dan program marketing dan loyalti bagi pelanggan.

Dalam hal kapasitas jaringan, Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan di acara jumpa media di Denpasar, Selasa (30/4/2019) mengatakan Telkomsel menyiapkan bandiwith hingga 4,7 Terabyte (TB) per detik dalam menyambut momen tahunan itu.

Baca juga: Kuota Internet Telkomsel Bisa Dipakai 6 Nomor Bersamaan

Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 21 persen dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 66 persen jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu.

Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia didominasi penggunaan layanan data.

Di samping membangun puluhan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 10.000 BTS 4G dan mengoperasikan 70 mobile BTS.

Telkomsel juga menambah kapasitas gateway internet sebesar 15 persen dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Walau layanan data kian dominan, namun layanan voice dan SMS tak dilupakan. Telkomsel menyiapkan 3,6 miliar erlang per hari, dan SMS hingga 2,48 miliar erlang per hari.

Sementara VP Network Operation Management Telkomsel, Andrias Indra menyatakan bahwa seluruh jaringan Telkomsel dari Sumatra, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua sudah siap menghadapi lonjakan trafik.

Baca juga: Telkomsel Perkenalkan INKTANK, Sistem IoT Pemantau Tangki Bahan Bakar

Dalam drive test yang silakukan Telkomsel, kekuatan sinyal rata-rata di atas 90 persen. Persentasi panggilan telepon yang sukses yang dilakukan juga diklaim di atas 90 persen.

Dari sisi penjualan, Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi menjamin pelanggan Telkomsel tidak akan kehabisan kartu SIM hingga Juni 2019 mendatang.

"Kami sudah siapkan 28 juta kartu SIM untuk stok hingga 79 hari mendatang," ujar Sukardi di kesempatan yang sama.

Telkomsel juga dikatakan Sukardi telah menyiapkan layanan siaga 425 Grapari yang tersebar di Indonesia, ditambah dengan 493 mobile Grapari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com