Instagram Stories Bakal Bisa "Posting" Tulisan Tanpa Foto atau Video

Kompas.com - 02/05/2019, 11:07 WIB
Mode Create di Instagram Stories InstagramMode Create di Instagram Stories

KOMPAS.com - Instagram mengumumkan sederet fitur baru untuk menunjang para kreator konten. Fitur-fitur itu diperkenalkan dalam acara konferensi developer Facebook F8 yang berlangsung pada 30 April-1 Mei 2019 di San jose, California, Amerika Serikat.

Salah satunya adalah fitur kamera yang disebut sebagai "Create Mode" atau mode "Create". Mode ini akan memudahkan pengguna untuk membuat coretan atau tulisan tanpa harus mengunggah foto atau video terlebih dahulu.

"Instagram akan memperkenalkan sebuah desain kamera baru dan mode “Create” yang akan memudahkan Anda untuk membagikan sebuah momen tanpa menggunakan sebuah foto maupun video," sebut Instagram.

Baca juga: Video 4 Aplikasi untuk Bikin Instagram Stories Kekinian

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno pada Rabu (2/5/2019), Instagram mengatakan desain kamera baru dan mode Create akan mulai digulirkan dalam beberapa pekan ke depan. 

Sejauh ini, Instagram baru menyediakan fitur "Type" untuk membagikan stories berupa tulisan.
Namun, fitur itupun terbatas penggunannya.

Jika nanti mode Create sudah tiba, maka kreator akan bisa lebih maksimal untuk membuat konten kreatif dengan memanfaatkan lebih banyak fitur yang tersedia.

Desain kamera baru

Instagram juga akan merombak desain kamera. Alih-alih berjajar horizontal, menu-menu desain kamera seperti efek kamera, filter wajah, Boomerang dan sebagainya, akan berjajar membentuk setengah lingkaran.

"Desain kamera baru ini akan mempermudah penggunaan fitur-fitur kreatif populer, seperti efek kamera, stiker interaktif, sehingga Anda dapat dengan bebas mengekspresikan diri," lanjut Instagram.

Instagram mengatakan pembaruan desain kamera Instagram Stories dan mode "Create" akan segera meluncur secara global dalam waktu dekat. Selain itu, Instagram juga mengumumkan stiker donasi di AS untuk membantu lembaga non-profit melakukan penggalangan dana.

Baca juga: Begini Cara Pakai Stiker Kuis di Instagram Stories

Instagram juga meluncurkan fitur belanja langsung dari para akun influencer. Sehingga pengguna tidak perlu menjejali kolom komentar atau mengirim pesan langsung (DM) ke influencer bersangkutan untuk sekadar bertanya harga aksesoris atau produk yang dikenakan.

"Para pengguna yang ada di dalam komunitas global Instagram akan mulai dapat berbelanja secara langsung dari akun para kreator. Instagram akan mulai melakukan uji coba fitur ini kepada beberapa kreator dalam beberapa minggu ke depan," tulis Instagram.

Uji coba ini akan dilakukan bersama dengan beberapa influencer dunia seperti Kim Kadarshian West, Kris Jenner, dan Kylie Jenner. Nantinya, pengguna cukup meng-klik tag pada produk yang diincar dan melakukan pembelian langsung melalui Instagram.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X