Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Prediksi Kenaikan Trafik 30 Persen Selama Ramadhan

Kompas.com - 02/05/2019, 18:30 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata memprediksi terjadinya lonjakan trafik data selama bulan Ramadhan yang akan segera tiba. XL memprediksi setidaknya akan ada kenaikan trafik hingga 30 persen lebih besar setiap harinya.

Menurut Ahmad Hamzah, Head Customer Experience Management XL Axiata, saat ini trafik data pengguna XL setiap harinya mencapai 10.000 petabyte. Pada Ramadhan tahun ini, trafik ini diprediksi akan melonjak hingga 13.000 petabyte.

"Untuk data, estimasi trafik akan melonjak sekitar 25 sampai 30 persen. Saat ini trafiknya 10.000 petabyte. Sementara voice dan sms bisa naik dari 5 sampai 10 persen," kata Hamzah.

Selain itu, untuk kesiapan jaringan saat Ramadhan, Hamzah mengatakan bahwa sudah ada penambahan BTS di beberapa lokasi yang akan dipadati orang-orang, seperti misalnya jalan tol.

Baca juga: XL Jual Paket Data Internet dengan Cashback hingga Rp 1,2 Juta

"Kami sudah tambah jaringan dan data center juga. Sudah ada penambahan BTS yang telah aktif di beberapa lokasi," tambah Hamzah.

Ia pun mengatakan pola perpindahan pemudik selama Ramadhan dan Lebaran juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Hamzah mengklaim pelanggan XL di Jabodetabek hampir 50 persen akan berpindah ke Jawa Tengah dan Timur pada masa-masa ini.

XL pun mengatakan telah mengantisipasi perpindahan tersebut dengan menyiapkan mobile BTS di beberapa titik yang disinyalir akan ramai dipadati pengguna.

"Hampir 50 persen akan pindah ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adanya tol baru di arah Sumatera, akan memunculan gelombang trafik mudik," lanjutnya.

Saat ini, XL Axiata sendiri mengklaim telah menjangkau 405 dari 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Selama kuartal pertama 2019 ini, XL juga telah menambah sebanyak 2.000 BTS. Total keseluruhan, XL telah memiliki sekitar 120 ribu BTS di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com