Bersihkan Layar Smartphone Jangan Pakai 9 Benda Ini

Kompas.com - 02/05/2019, 20:10 WIB
Ilustrasi membersihkan iPhone dengan kain microfiber DigitalTrends via Google ImagesIlustrasi membersihkan iPhone dengan kain microfiber
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Membersihkan layar ponsel merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk menjaganya agar tetap bersih dari noda yang tidak diinginkan, seperti minyak, sidik jari, debu, dan sebagainya yang bsia mengganggu pandangan. 

Namun, ketika ada noda yang menempel di layar smartphone, sebagian orang biasanya tidak memperhatikan dengan apa mereka membersihkan layar tersebut. Misalnya, dengan semprotan udara, hingga zat-zat pembersih seperti alkohol.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Panas di Smartphone

Padahal, benda-benda tadi bisa saja memiliki sifat yang dapat menimbulkan kerusakan pada layar smartphone, termasuk yang bahannya tampak halus sekalipun. 

Nah, supaya tampilan tetap kinclong dan terjaga dari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari membersihkan layar smartphone dengan 9 benda berikut.

1. Kertas dapur/ paper towel

Benda yang umum digunakan sebagai penyerap minyak atau cairan lain ini memiliki permukaan yang lebih lebar dan lebih kasar dibandingkan tisu sehingga rawan menggores layar.

2. Pembersih kaca

Ponsel-ponsel keluaran terbaru biasanya dilindungi oleophobic coating atau hydrophobic coating untuk melindungi layar dari zat oleo (oli/minyak) dan hydro (air). Lapisan pelindung ini bisa terkikis oleh zat pembersih kaca. 

3. Pembersih makeup

Mungkin jarang pemilik smartphone membersihkan layar ponsel mereka dengan cairan pembersih makeup. Beberapa jenis makeup cleaner memiliki kandungan zat yang bisa merusak layar elektronik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X