Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Windows 7 Masih Ogah Pindah ke Windows 10

Kompas.com - 03/05/2019, 08:09 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Masa dukungan Windows 7 dipastikan akan berakhir pada 2020 mendatang, tapi nyatanya masih banyak pengguna yang setia dan ogah meninggalkan sistem operasi ini untuk beralih ke Windows 10.

Bahkan, berdasarkan laporan firma riset pasar NetShareMarket, penurunan jumlah pengguna Windows 7 di bulan April lalu tidak signifikan. Sebaliknya, adopsi Windows 10 mandek dengan pertumbuhan hanya 0,5 persen di waktu yang sama.

Menurut laporan NetMarketShare, jumlah pengguna Windows 7 masih lebih dari seperempat dari total pengguna sistem operasi desktop secara keseluruhan. Ada sebanyak 36,43 persen pengguna yang bertahan dengan Windows 7 hingga akhir April lalu.

Baca juga: Microsoft Ingatkan Usia Windows 7 Tinggal Setahun Lagi

Meski mengalami penurunan, jumlah ini masih terhitung cukup besar jika dibandingkan dengan Windows 10 yang usianya 10 tahun lebih muda ketimbang Windows 7. Saat ini, Windows 10 memiliki pangsa pasar sekitar 44,10 persen dari total keseluruhan.

Meski jumlah pengguna Windows 10 tetap meningkat, angka pertumbuhannya terbilang kecil. Pada Maret lalu, ada sebanyak 43,62 persen pengguna yang menggunakan Windows 10. Artinya, pertumbuhan yang terjadi di bulan April kurang dari 1 persen.

Dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Jumat (3/5/2019), meski Microsoft sudah mendorong pengguna Windows 7 untuk segera beralih ke Windows 10, peralihan tersebut sejauh ini masih tersendat.

Terutama, karena masih banyak pengguna yang menolak beralih ke sistem operasi yang lebih baru meski nantinya dukungan Windows 7 berakhir.

Sementara itu, jumlah pengguna Windows 8.1 yang sama-sama lebih lawas juga turut meningkat. Pengguna Windows 8.1 meningkat dari semula 4,13 persen menjadi 4,22 persen dari total keseluruhan pangsa pasar sistem operasi pada April lalu.

Baca juga: Pembaruan Windows 10 Lebih Sedot Kapasitas "Harddisk"

Sementara itu, sistem operasi non-Windows, yakni macOS 10.14, mencatat terjadinya penurunan dalam jumlah yang kecil. Pangsa sistem operasi ini turun dari 5,40 persen menjadi 5,23 persen pada bulan yang sama.

Adopsi Windows 10 juga diprediksi masih akan berlanjut dalam beberapa bulan mendatang, terutama jika Microsoft menggelontorkan pembaruan serta fitur baru pada akhir bulan ini.

Namun, tantangan yang lebih besar bagi Microsoft adalah bagaimana meyakinkan pengguna bahwa sudah waktunya untuk beralih dari Windows 7 sebelum dukungannya berakhir pada Januari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com