BTS 4G Telkomsel Sudah Lebih Banyak dari 2G

Kompas.com - 03/05/2019, 14:20 WIB
Petugas bergotong-royong memperbaiki sarana BTS di lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala.Dok. Telkomsel Petugas bergotong-royong memperbaiki sarana BTS di lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala.

DENPASAR, KOMPAS.com - Telkomsel pada 2019 ini menegaskan hanya fokus mengembangkan jaringan 4G saja. Tujuannya adalah untuk memberikan layanan yang lebih luas dan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Pada kuartal pertama 2019, Telkomsel mengklaim sudah memiliki jumlah BTS 4G yang lebih banyak dibanding 2G. Dari 197.000 node BTS, 50.000 di antaranya adalah node 2G, 82.000 node 3G, dan 65.0000 node 4G.

Baca juga: Tata Ulang Selesai, Internet Telkomsel Dijanjikan Makin Maksimal

"Kami hari ini bisa melayani 97 persen ibu kota dan kabupaten di Indonesia, atau sekitar 502 Ibu Kota dan Kabupaten, dari total 514 Ibu Kota dan Kabupaten," kata Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan di acara jumpa media di Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2019).

"Yang dua belasnya lagi masih mengandalkan jaringan satelit," imbuhnya.

Dengan infrastruktur jaringan tersebut, Telkomsel mengklaim jaringannya telah menjangkau 93 persen populasi di Indonesia.

Pada 2019 ini, Telkomsel berencana menambah lagi 20.000 node 4G LTE sehingga pada akhir tahun bisa melayani 95 persen populasi.

2G belum dimatikan

Meski fokus mengekspansi 4G, namun layanan 2G/3G masih tetap dipertahankan oleh Telkomsel karena jumlah penggunanya masih banyak.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan utilisasi jaringan 2G Telkomsel, baik layanan voice (telepon) maupun SMS, masih berkisar di angka 40 persen.

Baca juga: Telkomsel Belum Mau Matikan 2G karena Pelanggannya Masih Banyak

"Kami tidak akan matikan 2G, tapi kami akan fasilitasi (pelanggan 2G) untuk berganti ke 4G, upayanya pertama dengan perlebar coverage (4G), selain itu kami juga permudah ganti kartu SIM (dari kartu 2G ke 4G)," kata Ririek. 

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X