iPhone 2019 Bakal Lebih Baik dalam Hal Navigasi "Indoor"

Kompas.com - 06/05/2019, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Desas-desus kehadiran iPhone 2019 semakin banyak bermunculan. Setelah beredar bocoran desainnya, kini giliran bocoran fitur dalam iPhone 2019 yang beredar.

Fitur navigasi dalam iPhone 2019 disinyalir bakal lebih baik lagi, khususnya ketika di dalam ruangan (indoor). Kabar ini dihembuskan Ming-Chi Kuo, analis sekuritas yang kerap tepat menerka model iPhone terbaru sebelum dirilis.

Kuo menyebut ada pergantian pemasok struktur antena yang membawa teknologi lebih baru. Struktur antena PI dengan modifikasi terbaru, yang sebelumnya pernah ia ungkap pada 2018 lalu.

Dalam lini iPhone 2018, yakni iPhone XS, iPhone XS max, dan iPhone XR, teknologinya terbatas menggunakan antena liquid crystal polymer (LCP). Masalah produksi antena LCP ini kemudian menyebabkan masalah dalam transmisi seluler frekuensi tinggi.

Baca juga: Pasaran iPhone Jatuh, Smartphone Huawei Justru Naik Jauh

Dengan struktur antena baru yang telah dimodifikasi ini, diharapkan bisa meningkatkan kinerja iPhone, khususnya pada navigasi dalam ruangan.

Ongkos produksi antena baru ini tidak murah. Artinya, biaya produksi akan membengkak dan bisa berimbas ke konsumen. Kuo menyebut kenaikan ongkos karena penggunaan antena baru itu bisa mencapai 10-20 persen, karena peningkatan ultra-wideband.

Dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (6/5/2019), Kuo juga mengatakan bahwa teknologi antena baru itu secara esensial akan sama saja dengan LCP ketika berada di jaringan 4G LTE.

Kuo pun menyinggung iPhone 2020 yang akan ditunjang konektivitas 5G dan nantinya akan kembali ke teknologi antena LCP.

Kuo sempat memperkirakan bahwa Apple akan menggunakan chip modem 5G dari Samsung dan Qualcomm. Dengan iPhone 5G, Kuo mengatakan pengapalan iPhone 2020 akan terdongkrak sekitar 200 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.